Siasati Pembelajaran Saat Covid-19, Guru On Air di Radio Luhak Nan Tuo Tanah Datar

belajar
Batusangkar, SuhaNews – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar lakukan kerja sama dengan Radio Luhak Nan Tuo dalam Pelaksanaan Penyajian Mata Pelajaran selama masa pandemi Covid-19.
“Penyajian pembelajaran via Radio Luhak Nan Tuo, direncanaka dilaksanakan mulai Senin, 24 Agustus 2020,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar melalui Kabid SMP, Agusli kepada SuhaNews, Jumat (21/8/2020) di Batusangkar.

Kegiatan ini, jelas Agusli, merupakan hasil rapat terbatas yang dilaksanakan di pada Rabu,19 Agustus 2020  di Dinas Dikbud. Karena itu Koordinator MGMP SMP diharapkan bisa menindaklanjuti rencana ini.

“Jadwal untuk SMP dimulai Senin (24/8), Pukul 10 sd jam 12 siang. Terdiri 4 mapel perhari, dengan durasi penyajian permapel sekitar 30 menit,” jelas Agusli.

Kepsek, jelas Agusli, diharapkan memberi surat tugas kepada guru mata pelajaran yang ditunjuk koordinator MGMP sebagai penyaji. Di samping itu, agar menyiapkan materi/bahan yang akan disajikan berupa soft copy dan print out. Kemudian menyerahkannya 1 paket kepada Dinas Dikbud melalui Kasi Kurikulum SMP.

“Kelompok MGMP diharapkan mengujicobakan dan mengedit materi yang akan disajikan, agar tepat waktu, tepat sasaran , menarik dan efektif,” jelas Agusli.

Siaran melalui Radio Luah Nan Tuo, jelas Agusli, harus tepat waktu karena durasi waktunya sudah ditentukan. Karean itu, penyaji atau guru yang ditugaskan agar hadir pukul 9 di stasiun  radio Luhak Nan Tuo atau satu jam lebih cepat dari waktu yang ditetapkan.

“Sebelum penyajian mapel di radio, pihak sekolah diminta  membimbing siswa menggunakan radio manual atau lewat radio hp pada frekwensi 102,5 fm,” jelas Agusli.

Guru mapel, yang tidak menyaji, jelas Agusli, diminta mengikuti penyajian materi yang disampaikan rekan-reka guru. Kemudian sebagai evaluasi  diharapkan ringkasan materi dan penugasan ada pada siswa yang akan mengikuti penyajian.

“Ayo ikuti Guru On Air, belajar di udara melalui Radio Luhak Nan Tuo 102,5 FM,” ajak Agusli.

Guru On Air ini, jelasnya, salah satu solusi Pemkab Tanah Datar  dalam pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19. Selain di frekuensi 102,5 FM, kegiatan ini juga dapat diikuti melalui Youtobe Dinas Kominfo adn facebook Pemkab Tanah Datar.

Raporter: Andra Datuak         Editor: Wewe

Simak materi pembelajaran oleh Andra Datuak di Youtube

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...