Sosialisasikan Pelayanan Haji, Gusman Piliang Turun ke Kecamatan

Sosialisasikan Pelayanan Haji, Gusman Piliang Turun ke Kecamatan
Pasaman, SuhaNews. Terus mensosialisasikan pelayanan Haji oleh Kementerian Agama kepada masyarakat, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman, Gusman Piliang turun ke kecamatan bersama Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Edy Ridwan.

Kamis (14/10), Gusman Piliang berkunjung ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Padang Gelugur, ia bersama jajaran menyampaikan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang pembatalan pemberangkatan jemaah haji tahun ini.

Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui dan memahami sehingga tidak menimbulkan opini-opini sesat.
Dikatakan Gusman, sosialisasi KMA ini telah dilakukan sejak diterbitkannya oleh Menteri Agama.

Dan umumnya masyarakat muslim ranah Pasaman telah mengetahui dan memahami dibuktikan sampai sekarang tidak ada satupun calon jemaah haji Pasaman yang menarik setoran hajinya akibat pembatalan.

Selain itu, disampaikan Gusman juga dilakukan sosialisasi tentang pendaftaran haji regular yang termuat dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 13 tahun 2021.

Sekelumit pejabat yang awet muda itu menerangkan muatan substansi PMA, pendaftaran jemaah haji reguler bisa dilakukan sepanjang tahUn setiap Hari. Dan pendaftaran dilakukan pada Kantor Kemenag Pasaman di seksi PHU.

Dikatakannya lebih lanjut, Kemenag sebagai lembaga yang fokus membidangi keagamaan selalu akan berupaya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, apalagi ini merupakan amanah undang-undang. Dalam Undang-Undang nomor 8 tahun 2019 disebutkan salah satu tanggung jawab pemerintah adalah memberikan pelayanan kepada jemaah haji.

Edy Ridwan Jumat (15/10) menyebutkan, kegiatan sosialisasi KMA dan PMA dilakukan kepada masyarakat 12 kecamatan dan telah dijadwalkan pelaksanaannya. Seperti kemarin di KUA Padang Gelugur yang diikuti oleh seluruh ASN, pegawai, penghulu, pengawas dan Penyuluh Agama Islam Non PNS kecamatan.

Harapan, sosialisasi ini menghasilkan meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan Kemenag ranah Pasaman khususnya di bidang haji dan umrah. Yusuf|Moentjak

BACA JUGA  Anak Usia 3 Tahun Asal Saok Laweh Terkonfirmasi Covid-19

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaBupati Agam Buka Bimtek Bagi Pelaku Industri Rumahan di Canduang Koto Laweh
Artikel berikutnyaJelang Jumat, 2 Warung di Pagaruyung Hangus di Lalap Api