Studi Tiru ke Bukittinggi, Kemenag Pesisir Selatan Lihat Pelayanan Haji

Studi Tiru ke Bukittinggi, Kemenag Pesisir Selatan Lihat Pelayanan Haji
Painan, SuhaNews – Dalam rangka berbenah meningkatkan pelayanan haji dan umrah, Seksi PHU Kantor Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan melakukan studi tiru ke ke Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Kamis (8/9).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda yang didampingi Kasi PHU, Betriadi menjelaskan bahwa, selain untuk bersilaturrahmi juga ingin melihat dari dekat bagaimana pelayanan haji di Kemenag Kota Bukittinggi sekaligus studi tiru.

“Hal ini berguna sebagai salah satu bentuk upaya dalam peningkatan pelayanan pada Seksi PHU Kemenag Pessel,” ujar Abrar Munanda.

Rombongan berjumlah 10 orang terdiri dari Kakan Kemenag, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, serta pelaksana pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan disambut langsung oleh Kasubbag TU, Zulfikar didampingi Kasi PHU Kemenag Kota Bukittinggi, Tri Andriani Djusair.

Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Zulfikar berharap kedua kemenag saling berbagi program-program inovasi yang dipunyai kedua kankemenag, khususnya pelayanan pada Seksi PHU.

Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Tri Andriani Djusair memaparkan program inovasi andalan Kankemenag Kota Bukittinggi diantaranya, Bukittinggi Mabrur yang juga dicetus oleh Abrar Munanda sewaktu menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Tri Andriani kemudian juga menyebutkan program Bimbingan Belajar Membaca Alquran untuk Jemaah Haji, (Bimbbaqu Haji)

Inovasi ini masuk salah satu usulan Inovasi Layanan Publik yang akan mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KIPP KemenPAN-RB).

“Alhamdulillah Inovasi Bimbaqu Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah masuk salah satu usulan Inovasi Layanan Publik yang akan mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KIPP KemenPAN-RB) tahun 2022,” ungkap Tri Andriani.

BACA JUGA  Jadi Kakanwil Kemenag Sumbar, DR.Helmi Pamit dari Kab.Solok

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda mengatakan, Seksi PHU memiliki tugas melaksanakan pelayanan, bimbingan, pembinaan, dan pengelolaan sistem informasi di bidang penyelenggaraan haji dan umrah.

“Ada 5 hal yang membuat kita melakukqn studi tiru ke Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi ini,” ungkap Abrar Munanda.

“Pertama kita ingin melihat langsung terkait dengan pelayanan di Seksi PHU Kemenag Kota Bukittinggi, kemudian yang kedua tentang sistem penganggaran di Seksi PHU Kemenag Kota Bukittinggi,” ujar Abrar.

Selanjutanya ketiga tentang digitalisasi dokumen haji, dan yang keempat koordinasi yang bagus terkait setoran haji dengan Bank Penerima Setoran (BPS), sehingga kegiatan yang tidak terakomodir di DIPA ternyata bisa dilaksanakan oleh Kankemenag Kota Bukittinggi.

“Kemudian yang kelima kita juga ingin melakukan koordinasi dengan PPIU Kota Bukittinggi.

Pada kesempatan itu Abrar Munanda juga memaparkan terkait program inovasi Jendela Hati yang menjadi program andalan Kemenag Pessel.

“Pada program Jendela Hati ini kami melakukan kunjungan ke rumah jemaah, sekaligus memberikan bimbingan manasik,” ujarnya

Selain itu terkait dengan transformasi layanan umat, saat ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan juga tengah gencar melaksanakan layanan haji keliling menggunakan mobil bantuan dari BPKH.
Hal ini guna memberikan kemudahan kepada masyarakat, melalui layanan inovasi Kemenag Pesisir Selatan sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor untuk mendaftar haji dan umrah, karena mobil operasional layanan haji akan datang ke wilayah-wilayah yang telah ditetapkan secara bergantian.

Selanjutnya kakan kemenag menyebutkan program Sekilas Info Tentang Ibadah Haji (Siti Haji) melalui live streaming dengan jemaah haji yang sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci bersama dengan Bupati Pesisir Selatan.

BACA JUGA  Nagari Kamang Masuk 5 Besar SIDETA 2022 Tingkat Sumbar

“Melalui program Siti Haji ini kita bisa mengetahui bagaimana perjalanan ibadah jemaah haji Pesisir Selatan selama di tanah suci yang nantinya akan tersampaikan ke seluruh keluarga serta masyarakat yang ada di Pesisir Selatan,” jelas Abrar.

Kakan kemenag berharap kepada tim studi tiru Seksi PHU Kemenag Pessel agar mempelajari inovasi yang telah dilakukan oleh Kemenag Kota Bukittinggi supaya apa yang telah dilakukan PHU Kemenag Kota Bukittinggi juga di bisa diterapkan di Seksi PHU Kemenag Pessel.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Eri Iswandi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan yang sudah melakukan kunjungan ke Kemenag Bukittinggi terkait dengan masalah layanan haji.

“Bagi kami Bukittinggi adalah sudah menjadi ikon, bahwa kami siap menerima kunjungan, kapan saja, dan dari mana saja,” ujar Eri Iswandi.

“Pelayanan haji di Kemenag Bukittinggi seperti yang sudah disampaikan dalam pertemuan tadi, hanya beberapa point yang yang baru bisa kami laksanakan termasuk gagasan Bimbbaqu dan pelayanan kepada jemaah dan penataan administrasi sudah bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan tenaga-tenaga yang ada itu merupakan tenaga tenaga yang telah berpengalaman, sehingga jemaah haji bisa terlayani dengan baik,” lanjutnya.

“Kami berharap suatu hari nanti Kemenag Kota Bukittinggi juga akan belajar pula ke Pesisir Selatan sebab ada hal-hal yang belum ada di kami, dan mungkin di Pesisir Selatan sudah ada,” tambahnya.

Eri Iswandi berharap mudah-mudahan pertemuan silaturahmi ini menjadi perekat ukhuwah islamiyah sesama Kementerian Agama di kemudian hari akan lebih dekat lagi.

Acara dilanjutkan dengan dialog tentang sistem pelayanan haji mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kegiatan di PHU Bukittinggi dan dialog dengan PPIU pemilik Rizkia Tour dan Travel PT Rizkia Amanah Mandiri di Mandiangin Bukittinggi. Zon

BACA JUGA  Penyuluh Agama Islam Bukittinggi Ikut Lomba Pidato Tingkat Propinsi

Berita Terkait :

studi studi studi studi studi 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakSMPN 1 Sungai Tarab Tuan Rumah MGMP PJOK Tanah Datar
Artikulli tjetërBupati Solok Ikuti Rakornas Penguatan dan Pengelolaan BUMD