Tagana Kota Solok Sediakan 2000 Nasi Bungkus Setiap Hari untuk Pengungsi

nasi
Pasaman, SuhaNews – Bencana gempa dan longsor yg terjadi di Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman menyebabkan adanya beberapa titik pengungsian. salah satu titik pengungsian terdapat di Jorong Durian Gonjo Siparayo.

“Ada sekitar 800 warga yang mengungsi karena kondisi rumah yang sudah roboh, terbawa longsor dan retak-retak,” ujar Nanda bro dan Jho Doanx selaku koordinator lapangan Tagana Kota Solok.

Baca juga: Pengungsi Gempa Malampah Meninggal di Pengungsian

Banyak juga warga yang tinggal di tenda di depan rumah mereka sampai situasi dirasakan aman dari gempa susulan.

Tagana Kota Solok, jelas Jho Doanx, yang  berjumlah 15 orang mendirikan posko dapur umum untuk melayani para pengungsi ini.

“Tagana Kota Solok sudah bertugas selama satu minggu sejak tanggal 28 Februari sampai 6 Maret 2022,” jelas Nanda dan Jho Doanx.

Selama bertugas, jelas Jho Doanx, Tagana menyediakan nasi bungkus 1000 porsi untuk 800 pengungsi dan sekitar 150 relawan lainnya. Sehari, Tagana Kota Solok menyediakan 2000 nasi bungkus untuk makan siang dan malam.

Tagana Kota Solok, tambah Nanda dan Jho Doanx.  diperintahkan langsung Kementrian Sosial untuk memback up komsumsi pengungsi sekitar 800 warga yang ada di Jorong Durian Gonjo Siparayo selama masa tanggap darurat.

“Kita menyediakan sekitar 2000 nasi bungkus setiap hari, untuk bahan baku logistic sendiri didapatkan dari posko yang ada di Kecamatan Tigo Nagari yang dikelola oleh Tagana Propinsi Sumbar,” jelas Nanda dan Jho Doanx.

Untuk itu Tagana Kota Solok bersama Mobil Dapur Umum ditempatkan di lokasi ini oleh Kementrian Sosial.

Jho Doanx selaku koordinator lapangan menyampaikan bahwa untuk situasi dan kondisi di lapangan, dapur umum ini bekerja siang malam karena di sini kekurangan tenaga.

BACA JUGA  Bertemu Wako Medan, Genius Umar Akan Aplikasikan Strategi Pengelolaan Wisata Sejarah

“Kita dibantu dari anggota PMI Kota Solok dan pemuda,” tambah Jho Doanx. (Wewe)

Baca juga: Pencarian Korban Hilang Dihwntikan, 14 Dinyatakan Meninggal Akibat Gempa di Pasaman

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKemenag Padang Panjang Syiarkan MADINA di Radio Edukasi Resfour 104,5 FM
Artikulli tjetërBhayangkari Padang Panjang Bantu Korban Gempa