Tanah Datar Jalin Kerjasama Distribusi Pangan dengan Dumai

Tanah Datar Jalin Kerjasama Distribusi Pangan dengan Dumai
SuhaNews. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kota Dumai Provinsi Riau, sepakat menjalin kerja sama pemasaran dan distribusi pangan ditandai Penandatanganan kesepakatan kerjasama (MoU) oleh Bupati Tanah Datar diwakili Plt. Sekretaris Daerah Edi Susanto dan Sekretaris Kota Dumai Indra Gunawan di Aula Setda setempat, Selasa (28/9/2021).

Kehadiran Rombongan TPID Tanah Datar dalam rangka kunjungan Capicity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) disambut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Dumai Syahrinaldi, dan TPID setempat.

Di kesempatan tersebut Plt.Sekda Edi Susanto sampaikan, kesepakatan bersama ini adalah perwujudan keterpaduan yang sinergi saling membantu dalam sektor pertanian, khususnya distribusi dan pemasaran pangan sebagai langkah penyelesaian hambatan dan permasalahan dalam rangka perencanaan, pengendalian dan pencapaian sasaran inflasi.

“Dalam rangka pengendalian inflasi daerah di Tanah Datar diperlukan kerja sama antar daerah untuk ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga sebagai penghasil komoditas pertanian di bidang pangan yaitu bawang merah dengan produksi 19.917 ton per tahun, cabe merah dengan produksi 1.701 ton per tahun dan tomat dengan produksi 27.737 ton per tahun,” terang Plt. Sekda.

Sebagai daerah penghasil pangan strategis, Edi Susanto katakan, perlu pemasaran melalui kerja sama antar daerah sehingga hasil pertanian Tanah Datar dapat dipasarkan di Kota Dumai sebagai salah satu kota tetangga yang merupakan kawasan industri.

Dengan adanya kerja sama, Edi Susanto juga harapkan selain di sektor pertanian ke depan dilanjutkan sektor pariwisata dan pengembangan produk unggulan, karena juga berhubungan erat dengan pengendalian inflasi daerah.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Kota Dumai Indra Gunawan sampaikan pemerintah Kota Dumai siap bekerja sama dengan Tanah Datar terutama di sektor yang potensial dengan laju inflasi Kota Dumai tahun 2020 yaitu 2,88 persen.

BACA JUGA  Yayasan Pertiwi Jalin Kerjasama Dengan Bank Nagari Pasar Raya Padang

“TPID Kota Dumai tahun 2020 mengangkat program pengembangan tanaman cabe merah sebagai program unggulan karena tingginya kebutuhan konsumsi cabe, tentunya dengan demikian Kota Dumai menyambut baik kerja sama ini untuk pengendalian inflasi daerah,” ungkapnya.

Indra juga sampaikan apresiasi atas kerja sama yang akan dilaksanakan kedua daerah melalui TPID di berbagai sektor. “Nanti kita akan berdiskusi banyak berbagai sektor unggulan kedua belah pihak dengan tujuan bisa menghasilkan capaian positif di berbagai sektor guna pengendalian inflasi daerah,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Sekda Tanah Datar, Kepala Dinas Koperindag Darfizal, Kadis Perikanan Helmi, Kadis Pertanian Yulfiardi, Kepala Bagian Perekonomian dan pembangunan, Bagian Umum dan Perlengkapan, Kabag Prokopim dan Kabag POD Setda. Rel

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaBanjir di Biruhun Rendam Pemukiman Warga, Wawako Solok Datang Meninjau
Artikel berikutnyaKemenag Sijunjung ke Padang Panjang Tinjau NGOBRAS