Tanggapan Tegas Ketua MUI Sumbar Terhadap SKB 3 Menteri Tentang Seragam Sekolah

Tanggapan Tegas Ketua MUI Sumbar Terhadap SKB 3 Menteri Tentang Seragam Sekolah
SuhaNews. Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar Dt. Palimo Basa mengeluarkan tanggapan tegas terhadap SKB Tiga Menteri tentang Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut Bagi Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Sekolah yang Diselenggarakan Pemerintah Daerah pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dilansir oleh SumbarFokus.com, Buya Gusrizal Gazahar Dt Palimo Basa menyampaikan pernyataan tegas bahwa hal tersebut mengarah ke sekulerisasi pendidikan.

“Mereka minta cabut seluruh aturan yang mewajibkan. Ini sekulerisasi pendidikan. Mereka ingin memasukkan fitnah ke tengah anak-anak gadis muslim agar jangan menjadikan pakaian khas keagamaan, khususnya jilbab, sebagai suatu kewajiban,” ujar Buya.

Putra nagari Panyakalan ini menyebut kata memilihtidak boleh mewajibkan, bahkan tidak boleh mengimbau merupakan kalimat-kalimat yang riskan dalam konteks ini jika dikaitkan denagn kearifan lokal di Sumatera Barat.

“Masyarakat Minangkabau yang kearifan lokal berdasarkan adaik basandi syara’ – syara’ basandi kitabullah, adaik bapaneh syara’ balinduang – syara’ mangato adaik mamakai,” ulasnya.

Buya mengingatkan, bahwa dalam situasi ini, mengatur cara berpakaian pelajar, terutama muslimah, di Ranah Minang merupakan tanggung jawab bersama, terutama para pendidik dan orangtua.

“Ingat, kehormatan para calon bundo kanduang adalah tanggung jawab laki-laki Minangkabau untuk menjaganya,” tegas buya Gusrizal.

Buya juga menyorot bahwa SKB tiga menteri ini bertentangan setidaknya dengan lima pasal UUD 1945, yaitu Pasal 18b, 28e, 29, 31, dan 32; serta mengabaikan tujuan pendidikan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 yang berbunyi menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak, mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Red

Baca Juga :

Facebook Comments

BACA JUGA  Subuh Mubaraqah, Walikota Padang Panjang Serap Aspirasi Warga
loading...