Tuju Lembaga Pendidikan Unggul, MTsN 4 50 Kota Gandeng Komite

Tuju Lembaga Pendidikan Unggul, MTsN 4 50Kota Gandeng Komite
Gadut, SuhaNews. Menuju MTsN 4 Limapuluh Kota sebagai lembaga pendidikan unggul, kepala madrasah menggandeng komite sebagai mitra pendidikan dan pembangunan.

Memasuki Tahun Pelajaran 2020/2021 yang lalu, bersamaan dengan habisnya masa kepengurussan Komite Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Lima Puluh kota yang sudah tiga tahun menjabat. Berkenaan dengan hal ini, sudah menjadi ketentuan, bahwa pengurus harus dibentuk kembali sebagaimana yang tertera dalam Bab I Pasal 1 Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Komite Madrasah.

Bertempat di aula madrasah pada Rabu (3/2), diselengarakan rapat komite bersama dengan Kepala Madrasah dan seluruh wali murid. Rapat bersama ini dibagi kepada dua sesi guna menerapkan protokol kesehatan di lingkungan madrasah.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Naharudin. Dalam sambutan yang disampaikan, Naharudin mengapresiasi respon wali murid yang menghadiri undangan yang telah disebar.

“Hadirnya wali murid di madrasah ini adalah salah satu bentuk kepedulian kepada madrasah. Sebuah madrasah atau sekolah yang hebat memiliki komite, Wali Murid dan lembaga pendidikan yang solid”, jelas pria kelahiran Jambi ini.

Merunut dari yang disampaikan, Naharudin juga mengibaratkan bahwa antara madrasah dan komite adalah dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. “Madrasah dan Komite harus sejalan. Masing-masing tidak bisa berjalan sendiri. Saling mendukung dan membantu dalam upaya kemajuan madrasah. Baik sarana maupun prasarana. Komite adalah mitra yang ikut memajukan madrasah baik kualitas maupun kuantitas pendidikan”.

Pada kesempatan yang sama, tidak lupa Naharudin menekankan untuk terus menerapkan protokol kesehatan. “Masa pandemi belum berakhir. Kita masih dibayang-bayangi oleh virus corona. Tetap selalu menjaga kesehatan dan menerapkan 5M. Bukan hanya di madrasah tapi juga dilingkungan masyarakat” tegas Naharudin menutup arahannya.

BACA JUGA  Tatap 2020, Kemenag Kab. Pasaman Gelar Bedah DIPA

Moh. Arief Hidayat, Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota, pada kesempatan yang sama merasa optimis, bahwa kepengurusan yang terbentuk nanti mampu menjalankan tugas dan fungsi komite dengan baik.

“Kita berkomitmen, bahwa antara madrasah dan komite akan saling membahu mewujudkan madrasah hebat bermartabat. Kualitas madrasah tetap komitmen terdepan. Semoga pengurus komite segera terbentuk agar program-program yang kita rencanakan dapat segera direalisasikan”, tutup Arief.

Rapat yang juga dihadiri oleh pengurus lama, menghasilkan keputusan bahwa untuk kepengurusan komite tiga tahun mendatang dipilih secara formatur. Tiga orang yang tergabung dalam Tim Formatur mengemban tugas untuk menentukan pengurus komite dan harus segera menyusun kepengurusan yang akan datang.

reporter : Nina editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...