Terkonfirmasi Covid-19, Empat Warga Saok Laweh Dirawat di Rumah Sakit

covid
Arosuka, SuhaNews  – Enpat Warga Saok Laweh, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok terkonfirmasi positif covid-19.  Mereka yang semula melakukan karantina mandiri, kini dirawat. Di samping itu ada penambahan pemeriksaaan spesimen (tes swab).

“Hari ini tidak ada penambahan kasus, hanya ada penambahan Pemeriksaan Spesimen dan perubahan dari Karantina Mandiri menjadi Dirawat,” ujar Bupati Solok melalui Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam, Sabtui (1/8/2020) di Arosuka.

Adapun kasus Konfirmasi, jelas Syofiar Syam, sebanyak 16 orang.  Selanjutnya Pemeriksaan Spesimen sudah dilakukan sebanyak  2.221 orang.

covid
Syofiar Syam

“Dari 16 orang terkonfirmasi covid-19,  karantina  di BPSDM Padang sebanyak 1 orang,  Karantina mandiri sebanyak 1 orang, dirawat di RS sebanyak 4 oran, meninggal sebanyak 3 orang, dan sembuh sebanyak 7 orang,” papar Syofiar Syam.

Adapun yang sedang melakukan karantina mandiri adalah Laki-laki, Umur 50 thn, pegawai Balitbu Aripan, alamat Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak.

“Pasien positif covid-19 asal Sulit Air dirawat di Semen Padang Hospital,” jelas Syofiar Syam.

Laki-laki berusia 64 tahun dari Nagari  Sulit Air ini, sudah dirawat di ruang isolasi RSUD M. Natsir dari 9 Juli 2020, kemudian dipindahkan pada 24 Juli 2020 ke Semen Padang Hospital hingga sekarang.

Sementara empat warga Saok Laweh, Kecamatan Kubung yang sedang dirawat adalah Laki-laki, berusia 39 tahun , merupakan ASN Kota Solok, yang bekerja di kantor Camat Tanjung Harapan Kota Solok, yang dikarantina di BPSDM Provinsi Sumatera Barat di Padang.

Kemudian Perempuan berusia 39 tahun, istri dari ASN Kota Solok, saat ini dirawat di ruang Isolasi RSUP Dr. M. Djamil Padangsejak 31 Juli 2020.

“Anaknya yang berusia empat bulan juga dirawat di Ruang Isolasi RSUP Dr. M. Djamil Padang,” jelas Syofiar Syam.

Bayi laki-laki

Sementara mertua dari ASN Kota Solok atau orang tua dari pasien Perempuan (39 tahun), yakni seorangperempuan berusia 74 tahun dirawat di ruang isolasi RS. Semen Padang Hospital (SPH) Padang sejak 31 Juli 2020.

“Tiga pasien asal Saok Laweh yang terdiri atas ibu, anak dan cucu dirawat sejak Jumat, 31 Juli 2020, bertepatan dengan perayaan Idul Adha 1441 H,” jelas Syofiar Syam.

Dari catatan SuhaNews, sejak Pandemi Covid-19 merebak pada Maret 2020 lalu, kali inilah pasien positif (terkonfirmasi) Covid-19 Kabupaten Solok paling banyak dirawat atau dikarantina, yakni enam orang, terdiri dari empat warga Saok Laweh terdiri dari Ibu, anak, menantu dan cucu, 1 warga Sumani, dan 1 warag Sulit Air.

“Kita telah melakukan Rapid Tes terhadap 86 orang, Swab  Tes  2.221 orang,” jelas Syofiar Syam.

Bupati Solok, H. Gusmal mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan tetap jaga jarak, hindari kerumunan, pakai masker dan cuci tangan pakai sabun sesering mungkin. Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...