Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Nagari se-Kecamatan Kubung Ikuti Pelatihan

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Nagari se-Kecamatan Kubung Ikuti Pelatihan
Bupati Solok, H. Gusmal buka acara
Solok, SuhaNews – Aparatur Pemerintah Nagari se-Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok  mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur selama dua hari, Sabtu-Minggu (29/2 s.d1/3) di Taufina Hotel Solok.

Acara yang dibuka oleh Bupati Solok, H. Gusmal ini dihadiri oleh Camat Kubung Ricky Carnova,S,STP,M.Si., Kepala BKPSDM Drs. Alibert Mulyadi, Sekretaris DPMN Riswandi Bahauddi,S.Sos., Sekcam Acil Fasra,S,IP., Wali Nagari dan Aparatur Pemerintah Nagari se-Kecamatan Kubung.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah nagari dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari terutama dalam penatausahaan keuangan nagari dan pelaksanaan aplikasi Siskeudes 2.02,” ujar Panitia Afnida Wati, S.Pdi.

Peserta pelatihan, jelas Afnida, merupakan utusan nagari se-Kecamatan Kubung yakni sebanyak 71 orang, terdiri atas Wali Nagari 8 orang, Sekna 8 orang, Kepala Seksi 24 orang, Kepala Urusan 16 orang dan Staf Perangkat Nagari 15 orang.

Selama pelatihan, peserta akan mendapatkan  materi pelatihan terkait dengan aspek hukum, pengawasan penyelenggaraan pemerintahan nagari, evaluasi pelaksanaan pembangunan tahun 2019 dan arah kebijakan pembangunan tahun 2020, sistem pengawasan keuangan nagari.

Kemudian juga ada materi tentang Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Nagari (PKPN), Penerapan Aplikasi e-katalog untuk pengadaan barang dan jasa di nagari, pengarahan tupoksi perangkat nagari sesuai SOTK, Penginputan APBN dan penata usahaan keuangan nagari ke dalam aplikasi Siskeudes 2.02.

“Kita menghadirkan beberapa narasumber,” jelas Afnida.

Di samping Bupati Solok, jelas Afnida, materi juga diberikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Solok, Inspektur Daerah, Kepala DPMN, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Sekretariat Daerah, Camat Kubung, Tenaga Ahli Bidang Infrastruktur Pemerintah Kabupaten Solok dan Admin Siskeudes Kab. Solok.

Bupati Solok, H. Gusmal mengpresiasi Camat Kubung yang sudah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan nagari se-Kecamatan Kubung ini.

BACA JUGA  Covid-19 Kab Solok Bertambah 6 Orang, Dua Diantaranya ASN

“Jangan ada lagi Wali Nagari yang bermain-main dengan dana nagari,” ujar Bupati Gusmal.

Aparatur nagari harus patuh kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Di samping itu, aparatur nagari harus mempunyai kompetensi yang memadai untuk mengelola keuangan nagari serta harus menguasai tata kelola keuangan menggunakan Apkikasi Siskeudes 2.02.

Peserta pelatihan

“Ikutilah pelatihan ini dengan kesungguhan, jika ada yang belum dimengerti tolong ditanyakan langsung pada narasumber,” harap Gusmal.

Kepada DPMN dan Camat Kubung, harap Gusmal, diharapkan memberikan layanan dan dukungan serta bimbingan secara intensif kepada pemerintahan nagari, agar jalannya pemerintahan nagari semakin baik. Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...