UIN IB dan Kemenag Kota Solok Gelar Pelatihan CT Guru Madrasah

UIN IB dan Kemenag Kota Solok Gelar Pelatihan CT Guru Madrasah
Solok, SuhaNews. Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Bekerjasama dengan Kantor Kemenag kota Solok dan Biro Berbras Indonesia melaksanakan workshop Computational Thinking (CT) untuk guru madrasah di kota Solok yang berlangsung selama 2 hari (21-22 Juni 2021) di 4 titik yakni MAN kota Solok, MTSN Kota Solok, MIN Kota Solok dan Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Almumtaz Muhamadiyah kota Solok.

Kegiatan kerjasama UIN dan Kemenag Kota Solok ini dihadiri oleh kepala dan guru dari madrasah kota Solok yang secara resmi dibuka oleh kepala Kantor Kemenag Kota Solok H. Eri Iswandi, MA secara virtual melalui Zoom meeting yang terpusat di MTsN kota Solok, Senin (21/06).

Khusus untuk MIN kota Solok peserta workshop CT ini diikuti 45 orang peserta yang tergabung kedalam 3 madrasah yakni MIN kota Solok, MIS Kampung Jawa kota Solok, dan MIS Rabbani Kota Solok pada Selasa (22/06).

Kepala MIN Kota Solok Joni,S.Ag dalam sambutannya mengucapakan terima kasih kepada UIN Imam Bonjol Padang terutama kepada Dosen Fakultas Saintek yang telah menggagas acara ini untuk meningkatkan Kompetensi para guru di madrasah ini.

Joni,S.Ag mengimbau kepada guru-guru madrasah peserta whorshop untuk dapat mengikuti acara dari awal sampai akhir. “Mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita, bisa menambah perbendaharaan ilmu pengetahuan kita terutama sebagai tugas pokok dalam mendidik para siswa siswi kita”,ujarnya.

“Saya harap kegiatan ini bisa terlaksana secara continue serta bisa diterapkan secara berkala untuk memajukan dunia pendidikan,” ulasnya.

Menutup sambutannya Joni berharap, kegiatan ini membawa kemajuan bagi Madrasah, khususnya menambah wawasan guru tentang Computational Thinking atau CT. Hal ini nantinya dapat membantu guru melatih siswa menerapkan CT dalam kegiatan belajar agar siswa mampu berfikir tepat dan menjadi siswa yang kritis dan kreatif.

BACA JUGA  Wawako Solok Pimpin Penyemprotan Disinfektan di Pasar Raya

Dosen Saintek UIN Imam Bonjol Padang Dr.Yasrul Huda yang juga sebagai Narasumber dalam acara tersebut mengatakan bahwa Kegiatan workshop CT ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru dalam mendidik para siswa tidak hanya dengan pendekatan literasi tetapi juga dengan menggunakan pendekatan Computational Thinking, dan diharapkan kegiatan ini bisa mencakup seluruh sekolah madrasah maupun sekolah umum.

Diketahui, dalam pelaksanaannya cukup banyak para guru yang kurang memahami CT dan mengaitkan dengan berpikir seperti komputer. Hal ini, disebut Dekan, menjadi salah satu tujuan dari FST dalam kegiatan Workshop CT.

“Semoga kegitan ini juga dapat menambah wawasan baru bagi para guru dalam menerapkan sistem pembelajaran di setiap madrasah maupun sekolah umum,” harap Yasrul Huda.

Workshop Computional Thingking (CT) jelas Yasrul Huda, merupakan sebuah wadah pembelajaran yang memiliki dampak positif dalam dunia pendidikan dan dapat meningkatkan pendekatan literasi dan kemampuan berpikir siswa.

“Kami tim Bebras Indonesia, juga selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Agama Kota Solok dan juga kepala MIN kota Solok yang telah mau bekerja sama dengan kami dan mempersiapkan acara ini dengan baik ” ujarnya.

reporter : Dedi editor : Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaIkut Divaksinasi, Sekdako Solok Imbau Semua ASN Tidak Khawatir Divaksin
Artikel berikutnyaKemenag Segera Bayarkan Selisih Tukin Guru dan Dosen, Jumlahnya Capai 2T