Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Dilaksanakan Secara Daring

ujian
Uji coba sistem UM-PTKIN
Batusangkar, SuhaNews – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dilakukan secara daring. Kegiatan diawali dengan uji coba Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN pada 17-19 Mei 2021.

“Calon mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang mendaftar melalui jalur UM-PTKIN 2021 harus mengikuti uji coba SSE dari rumah masing-masing sebelum melakukan ujian SSE yang sesungguhnya pada 24-29 Mei 2021 karena masih dalam suasana covid-19,” ujar Ketua Panitia lokal ujian UM PTKIN Dr. H. Zainuddin, MA. dalam kunjungan ke lokasi uji coba ujian, Senin (17/05/2021).

Baca juga: IAIN Batusangkar Matangkan Persiapan Mengikuti PKM PTKIN se-Sumatera

Hal ini dilakukan, tambah Zainuddin, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 di lingkungan kampus IAIN Batusangkar. Dilakukan uji coba dan pelaksanaan SEE dilakukan secara Online dari rumah masing-masing peserta UM-PTKIN 2021.

“Kita telah melakukan pendaftaran UM-PTKIN, yang memilih IAIN Batusangkar sebanyak 588 calon mahasiswa pada pilihan pertama, sedangkan pilihan kedua 702, dan pada pilihan ketiga 837 calon mahasiswa,” tambahnya.

Semua calon mahasiswa, jelas Zainuddin, diwajibkan mengupload aplikasi ujian SSE UM-PTKIN yang telah ditentukan oleh panitia pusat. Pelaksanaan uji coba maupun ujian dilaksanakan secara serentak se-Indonesia.

“Selama proses ujian berlangsung, panitia menyediakan website helpdesk sapa.um-ptkin.ac.id  bagi peserta dengan berbagai keluhan seperti gagal login, terjadi bencana alam di lingkungan peserta, dan berbagai kendala jaringan lainnya. Helpdesk akan menindaklanjuti laporan dan memberikan alternatif solusi bagi peserta,” tukasnya.

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. Ridwal Trisoni, S.Ag., M.Pd mengatakan,  pelaksanaan uji coba SSE UM-PTKIN memastikan semua akan berjalan lancar, dan semua peserta bisa mengikuti uji coba ujian SSE dengan sempurna.

BACA JUGA  Solok Selatan Gelar Operasi Yustisi Gabungan

ujian“Insya Allah kuota penerimaan mahasiswa baru IAIN Batusangkar tahun ini sebanyak 2500 orang. Dengan kuota untuk SPAN-PTKIN minimal 40%, UM-PTKIN minimal 30% dan Jalur Mandiri maksimal 30 %,” ujar Rektor.

Akreditasi kampus peringkat B dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan canggih, IAIN Batusangkar memiliki empat fakultas dengan 27 Program sarjana, 7 diantaranya sudah terakreditasi A serta 1 program diploma.

Bagi mahasiswa berprestasi di IAIN Batusangkar tersedia beasiswa KIP- Kuliah, beasiswa mahasiswa berprestasi, beasiswa tahfizh Qur’an, beasiswa Baznas UPZ IAIN Batusangkar, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa Rajawali Pemprov Sumatera Barat, beasiswa Bank Nagari Syariah. (Dajim)

Baca juga: IAIN Batusangkar Deklarasikan Perang Terhadap Narkoba, Maksiat, dan LGBT

Facebook Comments

loading...