Upacara Hari Santri 2021 Tingkat Kab. Solok Berlangsung Khidmat

Upacara Hari Santri 2021 Tingkat Kab. Solok Berlangsung Khidmat
Sumani, SuhaNews. Upacara Hari Santri 2021 tingkat Kabupaten Solok yang berlangsung di kampus Pondok Pesantren Darussalam, Aur Duri Sumani, Jumat (22/10) berlangsung khidmat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Santri 2021 ini, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha, H. Fuadi Nawawi. Upacara yang dihadiri oleh pejabat Kantor Kemenag Kab. Solok, Kepala KUA dan Kepala Madrasah dan diikuti oleh santri Pondok Pesantren Darussalam, Aur Duri Sumani.

H. Fuadi selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Agama pada Hari Santri 2021 ini yang mengusung tema “Santri Siaga Jiwa Raga”.

Dalam sambutannya, Menteri Agama mengatakan Haru Santri yang ditetapkan melalui Kepes nomor 22 tahun 2015 merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, dan melahirkan peristiwa heroik pada 10 November 1945.

Sedangkan untuk tema tahun ini, Santri Siaga Jiwa Raga, adalah bentuk pernyataan sikap Santri Indonesia agar selalu siap menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.

Lebih lanjut disampaikan, tema Santri Siaga Jiwa Raga ini, menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Covid-19 ini, Santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M dan 1D.

Menteri Agama juga menyampaikan, tahun 2019 lalu telah disahkan Undang-Undang nomor 18 tentang Pesantren. Sedangkan tahun ini, Presiden Joko Widodo memberi kado Hari Santri dengan pengesahan Perpres 82/2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren.

Peraturan ini secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya peningkatan kualitas SDM pendidikan pesantren

Menutup pembaxaan sambutan Menteri Agama, H. Fuadi menyampaikan selamat Hari Santri 2021 dari Pemerintah Kabupaten Solok dan keluarga besar Kementerian Agama.

Acara yang berlangsung dengan protokol kesehatan ini ditutup dengan penyerahan hadiah lomba yang digelar dalam rangka hari santri 2021. FENDI
BERITA TERKAIT

Facebook Comments

BACA JUGA  Persiapan Pilkda, Bupati Solok Bahas Permendagri Nomor 41
loading...
Artikel sebelumyaPolres Agam Akan Menggelar Vaksinasi Berhadiah Sepeda Motor
Artikel berikutnyaH.Zulkifli Beri Ceramah Maulid Nabi di MTsN 3 Solok