Wabup Richi Aprian Tinjau Persiapan Pelantikan LKAAM dan Bundo Kanduang Sungai Tarab

Wabup Richi Aprian Tinjau Persiapan Pelantikan LKAAM dan Bundo Kanduang Sungai Tarab
Sungai Tarab, SuhaNews –  Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian berkesempatan meninjau persiapan pelantikan pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dan Bundo Kanduang kecamatan Sungai Tarab, Jumat (10/9).

Kunjungan Wabup Richi Aprian disela lawatan ke kawasan utara Tanah Datar ini dan bertemu tokoh dan panitia pelantikan LKAAM dan Bundo Kanduang di aula Kantor Camat Sungai Tarab.

Dalam kesempatan tersebut, tokoh muda Tanah Datar ini merasa tersanjung dengan ruang dan kesempatan yang diberikan oleh LKAAM dan Bundo Kanduang untuk berkiprah sekaligus memperdalam pengetahuan tenag adat.

“Alhamdulillah dan terima kasih, ini merupakan ruang bagi saya untuk belajar tentang adat dan lebih dekat dengan Ninik Mamak dan Bundo Kanduang selaku pemangku adat,” ujarnya ramah usai dinobatkan sebagai deaan penyantun LKAAM Tanah Datar.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab penuh kekeluargan ini, dihadiri oleh Ketua LKAAM Kecamatan Sungai Tarab terpilih Hardisiswan Dt Marah Bando, Ismet Khatik Intan Ameh Sekretaris LKAAM terpilih, Camat Sungai Tarab Ariando, Kasi Tata Pemerintahan Ulfa Repelita, para pengurus dari kedua organisasi yang akan dilantik.

Hardisiswan Dt Marah Bando selaku ketua menyampaikan, alek pelantikan ini direncakan akan dihadiri oleh Pimpinan daerah Kabupaten Tanah Datar, Anggota DPRD Provinsi Arkadius Dt Intan Bano, anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar Beni Apero, Prof Yuhendri Rektor Unand, Ketua LKAAM Provinsi Fauzi Bahar Dt, Nan Sati, Walikota Padang Panjang Fadli Ambran Dt. Paduko Malano, Forkopincam, Pengurus KAN di Kecamatan Sungai Tarab serta undangan lainya. Kegiatan rencananya akan dimulai dari arak-arakan yang dimulai dari kantor Camat Sungai Tarab menuju gedung serba guna Nagari Sungai Tarab.

Sementera Ismet Khatik Intan Ameh selaku Sekretaris menyampaikan, bahwa ada perubahan jadwal yang semula direncanakan pada pagi hari Senin (12/9) nanti dirubah jadi siang ba’da zuhur, karena adanya Musrenbang di nagari Simpuruik.

BACA JUGA  Kemenag Padang Panjang Terbaik 3 Publikasi Gemarindu

Camat Sungai Tarab Arianto menyampaikan bahwa salah satu program unggulan Kabupaten Tanah Datar adalah melestarikan adat dan budaya melalui LKAAM dan KAN. Peran ini perlu dioptimalkan agar program unggulan dapat terwujud. KAN dan LKAAM telah banyak membantu pemerintahan seperti permasalahan batas wilayah dan pemberian gelar pada Kapolda. Niniak mamak diharapkan dapat menjalankan amanah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan anak kemanakan. Melalui bajanjang naik batanggo turun.

Dalam rapat ini juga memantau kesiapan acara pelantikan nanti, baik protokoler, tempat dan hal teknis lainnya untuk menyukseskan seremonial pelantikan LKAAM dan Bundo Kanduang kecamatan Sungai Tarab. Andra

Berita Terkait :

richi richi richi 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakWako Solok, Zul Elfian Umar Hadiri Peresmian BLKK Ponpes Al Mumtaz
Artikulli tjetërKepala kantor Kemenag Pasaman Ajak Pemuda Lintas Agama Jaga Kerukunan