Walikota Sawahlunto Panen Perdana Bawang Merah di Desa Kubang Tangah

wali
Walikota Sawahlunto panen perdana bawang merah
Sawahlunto, SuhaNews  – Walikota Sawahlunto Deri Asta lakukan panen perdana bawang merah di Dusun Batu Tajam, Sawahlunto, Minggu 10 Januari 2021.

“Pemerintah Desa Kubang Tangah menjalin sinergi dengan Pemerintah Kota Sawahlunto untuk mendukung pengembangan pertanian bawang merah,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto Lelis Epriyenti.

Bawang merah saat ini, jelasnya tumbuh subur di Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar. November 2020 lal sudah dilakukan panen perdana, sekarang kembali digelar

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto Lelis Epriyenti mengatakan bahwa untuk pendampingan dan pelatihan serta pembinaan secara pengetahuan serta keterampilan dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan melalui penyuluh pertanian dan jajaran lainnya.

“Bibit dan bahan-bahan penunjang pertanian bawang merah lainnya itu dibantu oleh Pemerintah Desa,” jelas Lelis Epriyenti.

Sementara Kepala Desa Kubang Tangah, Rice mengatakan bahwa Pemerintah Desa Kubang Tangah telah menganggarkan Rp10 juta untuk memberikan bantuan bibit dan bahan pertanian lainnya untuk membantu petani mengoptimalkan pertanian bawang merahnya.

“Pengembangan pertanian menjadi prioritas Pemerintah Desa Kubang Tangah,” ujar Rice.

Setelah menganggarkan Rp10 juta, maka pada anggaran perubahan APBDes 2021, anggaran ditambah menjadi Rp32 juta.

“B egitu pekerjaan kantor selesai, maka kepala desa bersama jajaran turun ke ladang masyarakat, melihat bagaimana perkembangan mereka bertani,” jelas Rice.

Walikota Sawahlunto Deri Asta berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pertanian masyarakat.

“Berbagai program dilaksanakan untuk mendukung komitmen itu, seperti pendampingan dan pelatihan pada petani, bantuan bibit dan lainnya,” jelas Deri Asta.

Untuk varietas bawang merah di Desa Kubang Tangah, jelas Walikota Deri Asta, telah dievaluasi, ternyata memang cocok di wilayah ini.

BACA JUGA  Bawang Merah dengan Sistem Tanam Biji, Keltan Serona Nagari Labuh Panen Perdana

“Ke depan, kita maksimalkan agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian bawang merah ini,” sebut Walikota Deri Asta.

Walikota memuji dan berterimakasih atas semangat para petani bawang merah. Apalagi beberapa petani merupakan anak muda.

waliWalikota Deri Asta dan General Manager PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin Yulfaizon melakukan panen bawang merah di lahan seluas 1 hektar yang dikelola Kelompok Tani ‘Naga Putih’.

Kepala Desa Rice mengatakan jika saat ini sudah ada 6 kelompok tani di Kubang Tangah yang bertanam bawang merah.

“PT. Bukit Asam akan membantu petani mengembangkan bawang merah ini,” ujar  General Manager PT. BA Pertambangan Ombilin Yulfaizon.

PT Bukit Asam, jelas Yulfaizon , akan membantu melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Kelompok tani bisa mengajukan proposal, nanti manajemen perusahaan akan memproses. Jika lolos dan memenuhi syarat akan dibantu. (*/Wewe)

Baca juga:

Facebook Comments

loading...