Walikota Sawahlunto Serahkan LKPD 2021 pada BPK

walikota
Padang, SuhaNews – Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kota Sawahlunto Tahun Anggaran 2021 diserahkan Walikota Deri Asta kepada Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumbar Yusnadewi, Jumat 04 Maret 2022 di Gedung BPK RI Sumbar.

“LKPD ini merupakan bahan audit bagi BPK untuk menilai kondisi dan kinerja keuangan Pemko Sawahlunto, juga sebagai bentuk pertanggungjawaban Pemko dalam menggunakan dana publik (APBN dan APBD),” ujar Walikota Deri Asta.

Baca juga: Wali Kota Solok Serahkan LKPD Kepada BPK Sumbar

Penyerahan LKPD, jelas Deri Ast, selain kewajiban dan rutinitas pelaporan anggaran, juga merupakan wujud komitmen Pemko Sawahlunto untuk senantiasa berupaya menciptakan good governance and clean governance (kinerja pemerintahan yang baik dan bersih).

“Laporan Keuangan ini juga bisa mengukur bagaimana akurasi antara kemampuan keuangan dengan riil pembangunan yang dilakukan daerah,” tambah Walikota.

Meneruskan prestasi selama ini, LKPD Sawahlunto selalu mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Deri Asta mengharapkan LKPD tahun 2021 juga lancar dan bersih sehingga sukses pula meraih WTP.

“Kita berharap kembali mendapatkan opini WTP, sehingga jika itu berhasil maka akan mendapatkan WTP tujuh kali berturut-turut,” ujar Walikota Deri Asta.

Kota Sawahlunto telah berhasil mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sampai enam kali berturut-turut yang kemudian mendapat apresiasi berupa penghargaan dari Kementerian Keuangan RI.

Kepala BPK Perwakilan Sumbar Yusnadewi mengapresiasi Pemko Sawahlunto yang telah menyerahkan LKPD.

“Sesuai UU nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara Pasal 56 yang menyatakan gubernur, bupati, walikota wajib menyerahkan laporan selambat-lambatnya tiga bulan sejak tahun anggaran berakhir,” kata Yusnadewi.

Pada penyerahan LKPD Sawahlunto itu, Walikota Deri Asta didampingi Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Dr.dr. Ambun Kadri, MKM, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Afridarman dan Inspektur Sawahlunto, Isnedi. (*)

BACA JUGA  27 Santri MDA Darul Makmur Pasia Laweh, Palupuah Mengikuti Khatam Quran

Baca juga: Sumbar Terima Plakat dan Piagam WTP LKPD 2020 dari Kemenkeu

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakUstad Derry Sulaiman Ajak ASN Sumbar Ingat Akhirat
Artikulli tjetërPariaman Baroda 2022 Berakhir, Pariaman Inline Skate Juara