Walikota Solok, Zul Elfian Umar Lakukan Audiensi dengan BNNK Solok

Zul
Solok, SuhaNews – Wali Kota Solok, H. Zul.Elfian Umar beraudiensi dengan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Solok AKBP Saifuddin Anshori, S.Ik, di Ruang Kerja Walikota Solok, Rabu (15/12).

Dalam audiensi ini, Wako Solok didampingi oleh Kasi Politik Kesbangpol Kota Solok, Agung Hazani.

“Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang harus dibasmi secara serius oleh pemerintah,” ujar Wako H.Zul.Elfian Umar.

Baca juga: Bekerjasama dengan BNNK, Kabupaten Solok Luncurkan Solok Bersinar

Pemerintah memberikan perhatian terhadap penanganan atas penyalahgunaan Narkoba. Efek domino penyalahgunaan narkoba semakin beragam, serta berusaha untuk mengatasi penyalahgunaan Narkoba merupakan langkah yang tidak mudah untuk dilaksanakan.

“Ketika seseorang melakukan penyalagunaan Narkotika secara terus-menerus, maka orang tersebut akan berada pada keadaan ketergantungan pada Narkotika, baik secara fisik maupun psikis,” jelas Zul Elfian Umar.

Sementara, Kepala BNNK Solok AKBP Saifuddin Anshori, S.Ik, menjelaskan, bahwa BNNK Solok merupakan organisasi badan narkotika nasional yang memiliki wilayah kerja di Solok Raya (Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan).

“BNNK Solok punya program Sonar, “Solok Bersinar” (bersih narkoba). Program ini merupakan Pilot Project di tingkat Nasional, karena belum ada kota dan kabupaten yang bersinar,” jelas AKBP Saifuddin Anshori, S.Ik.

Upaya pencegahan dengan program Sonar, konsep nagari atau kabupaten Bersinar, jelas  Saifuddin Anshori, tidak harus satu kabupaten bersih dari narkoba, bisa dengan  membuat nagari-nagari serta perangkat yang ada di Pemerintahan membuka raso pareso masyarakat untuk peduli bersama dalam rangka pencegahan dari penyalahgunaan narkoba.

“Bila keluarga sudah kuat pertahanannya maka satu nagari bisa bersih, desa atau nagari bergerak Indonesia Bersinar. Untuk 1 tahun 2 nagari bersinar,” ujar Saifuddin Anshori.

BACA JUGA  5 Warga Kota Solok Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sebagai pilot project Nasional, papar Saifuddin Anshori, program Sonar akan dapat membawa daerah-daerah lain di Indonesia untuk berkunjung dan belajar ke Solok.

“Efeknya, tentu jika banyak pengunjung yang ingin belajar, akan dapat menggerakkan UMKM, salah satunya untuk oleh-oleh bagi yang berkunjung,” sebut Saifuddin. (*)

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPolsek Linggo Sari Baganti Laksanakan Vaksinasi Malam Hari
Artikel berikutnyaKesehatan Syariah, Kota Pariaman Jadi Role Model di Indonesia