Webinar Perikanan BEM FPK UNRI, Pengenalan HIMAPIKANI dan Diskusi Peran Mahasiswa untuk Inovasi Perikanan yang Berkelanjutan

Webinar Perikanan BEM FPK UNRI, Pengenalan HIMAPIKANI dan Diskusi Peran Mahasiswa untuk Inovasi Perikanan yang Berkelanjutan
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau (BEM FPK UNRI) mengadakan acara webinar perikanan yang bertemakan “Pengenalan HIMAPIKANI dan Diskusi Peran Mahasiswa untuk Inovasi Perikanan yang Berkelanjutan”. Acara ini berlangsung pada Hari Kamis, 11 November 2021, Pukul 14.00 WIB-selesai,

Hadir sebagai pemateri dalam webinar ini adalah, Jan Tuheteru yang saat ini menjabat sebagfai Sekeretaris Jendral HIMPIKANI, dan Fauzan yang merupakan Koordinator Wilayah I HIMAPIKANI.

Wellem selaku Ketua Panitia Acara tersebut menyampaikan “Dengan diadakannya acara ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa FPK UNRI terhadap HIMAPIKANI dan isu-isu seputar perikanan yang ada di Indonesia”

Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Gubernur Mahasiswa FPK UNRI yaitu Ishlahul Fikri “Webinar ini diharapkan bisa menjadi ajang pengenalan kepada mahasiswa FPK UNRI khususnya angkatan 2020 dan 2021 yang dimana kita harus adaptif menyikapi situasi yang terjadi saat ini, oleh karna itu BEM FPK UNRI berinisiatif mengadakan acara tersebut agar pola kaderisasi tidak putus dan juga meningkatkan nalar kritis mahasiswa terhadap isu-isu yang ada khususnya di sektor perikanan”

Acara ini dibuka oleh Dr. Ir. Sofyan Husein Siregar , M.Phil selaku Wakil dekan III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni FPK UNRI “HIMAPIKANI merupakan wadah untuk dapat mengkoordinasikan seluruh aktivitas kemahasiswaan di Fakultas Perikanan dan Kelautan seluruh Indonesia yang harapannya dapat memudahkan tujuan-tujuan organisasi dalam bidang Perikanan dan Kelautan”.

Sofyan juga mengharapkan “kegiatan ini untuk dapat menjadi salah satu contoh webinar pengembangan perikanan yang bisa diangkat menjadi bahan diskusi karena HIMAPIKANI memiliki kekuatan untuk bisa memberikan pandangan kepada pemberi kebijakan di tingkat nasional”.

Setelah pembukaan, acara dipimpin oleh Singgih Siswoyo sebagai Moderator di dalam diskusi pemateri memperkenalkan HIMAPIKANI dimulai dari sejarah berdirinya, jumlah kampus yang tergabung, Mars HIMAPIKANI, kegiatan skala wilayah maupun Nasional, dan lainnya.

BACA JUGA  Bupati Tanah Datar Salurkan Pinjaman Tanpa Bunga kepada 80 Pedagang Pasar Pabukoan Batusangkar

Pada sesi kedua pemateri menjelaskan tentang Peran Mahasiswa untuk Inovasi Perikanan yang Berkelanjutan. Setelah itu barulah dibuka sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri, Illegal Fishing dan Ekspor Benur lobster yang berdampak kepada nelayan maupun lingkungan dan kebijakan Pemerintah terhadap sektor perikanan Indonesia. Serta Pengawalan dan Pengadvokasian HIMAPIKANI terhadap hal tersebut.

Dalam hal ini Jan Tuheteru dan Fauzan menanggapi bahwasannya “Ilegal Fishing dan ekspor benur lobster “sudah dilarang oleh Menteri KP dalam Permen No. 17 Tahun 2021 cuman terdapat beberapa pengecualian untuk kegiatan budidaya, penelitian, pendidikan yang sifatnya meningkatkan pengetahuan tentang budidaya lobster”. Selanjutnya perihal dampak lingkungan di sektor Perikanan “Pemerintah harus memperhatikan ekologi, ekonomi, maupun sosial. Pemerintah cenderung menganggap lingkungan bukan kesatuan dari manusia, tetapi menganggap itu terpisah”.

Peranan dan Pengadvokasian HIMAPIKANI dalam mengawal setiap kebijakan pemerintah dengan cara mengadakan dialog dan diskusi dengan semua stake holder terkait yang dimana pemerintah harus merubah perspektifnya terhadap mahasiswa pada saat ini mahasiswa dianggap sebagai objek dari pembangunan bukan sebagai Human Resources (subjek) dari pembangunan, sehingga kita dapat mencapai cita-cita yang dirumuskan oleh presiden Joko Widodo salah satunya konektivitas antar wilayah dan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Penulis : Yusil Rahma Hidayatul

Berita Terkait :

 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaSMPN 1 Tilkam Bangun Musala, Bupati Agam Letakkan Batu Pertama
Artikel berikutnyaTahfizh 1 Juz Tilawah dan Tahfizh 10 Juz Berlangsung Meriah