BEM Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI Gelar Webinar Nasional Hadirkan Sandiaga Uno Sebagai Pembicara

BEM Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI Gelar Webinar Nasional Hadirkan Sandiaga Uno Sebagai Pembicara
Pekanbaru, SuhaNews. Badan Eksekutif (BEM) Fakultas Perikanan dan Kelautan (BEM FPK) UNRI periode 2020/2021 menggelar webinar nasional yang menghadirkan banyak tokoh diantaranya Sandiaga Uno, Sabtu (5/6).

BEM Fakultas Perikanan dan Kelautan (BEM FPK) UNRI periode 2020/2021 kabinet Bahtera Satya mengadakan kegiatan Webinar Indonesia Young Entrepreneur Summit (IYES) Goes to Campus 2021, webinar yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB ini mengusung tema “ Entrepreneurship Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan Umat Melalui Gerakan Berwirausaha “.

BEM FPK UNRI dalam pelaksanaan webinar ini turut bekerjasama dengan KAHMI preneur, HMI, dan Keroncongantar, menghadirkan beberapa pemateri handal dan berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi negara.

Pemateri-pemateri yang mengisi Webinar Indonesia Young Entrepreneur Summit (IYES) Goes to Campus 2021,  pada pagi hari ini, yaitu H. Sandiaga S. Uno, B.A., M.B.A yang merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ir. H. Kamrussamad, S.T., M.Si yang merupakan anggota Komisi XI DPR RI / Founder KAHMI Preneur.

Selanjutnya, Prof. Dr. Ir. Irwan Effendi, M.Sc yakni dosen FPK UNRI, Azizon Nurza, S.Pi, MM, MIPR yang merupakan  salah satu pengusaha Nasional dan Alumni FPK UNRI, selanjutnya Ary Nugraha yang merupakan CEO dari Keroncongantar.com / Alumni FISIP UNRI, dan yang terakhir Wiriyanto Aswir yang merupakan Ketua Bidang PTKP Bedko HMI Riau Kepri.

Webinar ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Bintal Amin, M.Sc selaku Dekan FPK UNRI,  H. Boby Rachmat, S.STP, M.Si selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau,  H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.A., M.B.A selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ir. H. Kamrussamad, S.T., M.Si selaku Komisi XI DPR RI Founder KAHMI Preneur, Prof. Dr. Ir. Irwan Effendi, M. Sc selaku Dosen FPK UNRI, Ary Nugraha, S.Ip selaku Alumni FISIP UNRI, Azizon Nurza, S.Pi, MM,MIPR selaku alumni FPK UNRI, Wiriyanto Aswir selaku Ketua bidang PTKP BADKO HMI Riau-Kepri, Dr.Ir. Sofyan Husein Siregar, M.Phil, Fuad Santoso selaku Ketua umum KNPI Riau, Indra Gunawan Eet Ketua barisan Pemuda Nusantara Riau, Amir Aripin Harahap Korpus Bem Se Riau, Ketua jurusan selingkungan FPK UNRI, Ketua kelembagaan selingkungan FPK UNRI.

BACA JUGA  Walikota Solok Resmikan Galeri 88 di Jalan Lingkar Utara

Webinar yang dilaksanakan secara semi offline ini diikuti hampir 1000 peserta melalui via zoom dan dan youtube, dengan pengurus BEM FPK secara offline diruangan Atlantik dengan menerapkan protokol kesehatan, acara ini dimulai pada pukul 09.00, dibuka oleh MC, Maysaroh yang merupakan Duta Berbakat II Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau tahun 2021. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Islahul Fikri yang merupakan Gubenur Mahasiswa BEM FPK UNRI 2020/2021 kabinet Bahtera Satya.

Dalam sambutannya, Islahul Fikri berharap acara ini dapat berjalan dengan lancar, beliau menyampaikan bahwa “webinar ini dilihat dari berbagai macam perspektif, yang dalam hal ini adalah pemerintahan, DPR RI, akademisi, alumni,pemuda, dan bahkan pelaku enterpreneurship”, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut terlibat dalam webinar ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Prof. Dr. Ir. Bintal Amin, M.Sc selaku Dekan FPK UNRI, sekaligus membuka acara webinar ini, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber yang mengisi acara ini, dan semoga apa yang disampaikan mampu memberikan pandangan dan mampu membangkitkan semangat para peserta terutama mahasiswa untuk berwirausaha nantinya setelah tamat kuliah.

Beliau memberikan apresiasi kepada BEM FPK UNRI yang telah merencanakan dan menyelenggarakan acara ini ditengah pandemi, meskipun secara virtual. Seusai dari sambutannya, beliau membuka acara webinar ini secara resmi.

Dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Singgih Siswoyo yang merupakan kepala Dinas Kajian Strategis BEM FPK UNRI 2020/2021.

Setelah usai penyampaian sambutan dan doa, webinar ini dilanjutkan pada acara inti. yaitu pemaparan materi oleh Narasumber sekaligus diskusi dan tanya jawab, yang dipandu secara langsung oleh  Dr. Ir. Sofyan Husein Siregar, M.Phil yang merupakan wakil Dekan 3 FPK UNRI selaku moderator.

BACA JUGA  Wawako Solok Resmikan TK Islam Modern Fahmil Qur'an

Pemaparan materi pertama, yakni bapak H. Sandiaga S. Uno, B.A., M.B.A, yang akan menyampaikan bagaimana pemerintah mendorong minat kewirausahaan bagi masyarakat, khususnya mahasiswa. Dalam pemaparan materinya beliau menyampaikan apresiasi kepada BEM FPK yang telah melaksanakan webinar ini, beliau menyatakan disituasi serba sulit ini, kita harus tetap optimisme dan tetap bangkit.

Pandemi ini memaksa kita untuk meningkatkan keterampilan kita terutama dibidang digital. Salah satunya menumbuhkan starup digital dan nilai ekonomi digital, kami memiliki program yang dirancang khusus mematangkan ekosistem bagi starup melalui mentoring dan peningkatan skill.

Usai dari pemaparan materi dari pemateri pertama, moderator selanjutnya memandu acara ini, yakni penyampaian materi selanjutnya oleh Ir. H. Kamrussamad, S.T., M.Si yang merupakan anggota Komisi XI DPR RI / Founder KAHMI Preneur.

Dalam penyampaiannya, menjelaskan bahwa dalam masa pandemik ini, DPR bersama pemerintah telah  menyusun berbagai skema untuk mendukung UMKM melalui APBN 2021.Selanjutnya beliau juga mengatakan bahwa terdapat beberapa peran mahasiswa dalam membangu ekonimi pasca pandemi, yaitu menjadi creative thinker dan leader, menjadi agen perubahan, dan  menjadi pemimpin gerakan sosial ekonomi.

Beranjak kepemateri selanjutnya, yaitu Prof. Dr. Ir. Irwan Effendi, M.Sc yakni dosen FPK UNRI. Beliau memaparkan bagaimana peran perguruan tinggi dalam  mendorong minat usaha mahasiswa. Pada akhir pemaparan materi dari beliau. Webinar ini dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh moderator.

Berakhirnya pemaparan diskusi pertama, webinar ini dilanjutkan dengan pemaparan materi sesi kesua. Yang dipandu oleh moderator Muhammad Ilham Tatanagara yang merupakan  kepala biro komunikasidan informasi BEM FPK UNRI. Dalam sesi kedua webinar ini, yaitu selanjutnya Ary Nugraha yang merupakan CEO dari Keroncongantar.com / Alumni FISIP UNRI, Azizon Nurza, S.Pi, MM, MIPR yang merupakan  salah satu pengusaha Nasional dan Alumni FPK UNRI, selanjutnya kakanda AryNugraha yang merupakan CEO dari Keroncongantar.com / Alumni FISIP UNRI, dan yang terakhir Wiriyanto Aswir yang merupakan Ketua Bidang PTKP Bedko HMI Riau Kepri.

BACA JUGA  17 Orang Ditangkap Polresta Padang Karena Aksi Premanisme

Ary Nugraha yang merupakan CEO dari Keroncongantar.com / Alumni FISIP UNRI dalam materinya menyampaikan bagaimana mahasiswa masa kini sebagai agent of change, dimana perusahaan start up dunia diawali dari modal yang kecil. Dilanjut dengan 4 prinsip sukses milenial yaitu inovatif, digital minded, berjiwa wirausaha, dan kolaborasi.

Dilanjutkan pemateri Azizon Nurza, S.Pi, MM, MIPR yang merupakan  salah satu pengusaha Nasional dan Alumni FPK UNRI, menjelaskan mengenai peran dunia usaha dalam mendorong gerakan berwirausaha melalui local bussines development dan small medium enterpise.

Lalu pemateri terakhir, Wiriyanto Aswir yang merupakan Ketua Bidang PTKP Bedko HMI Riau Kepri, yang menjelaskan mengenai reorientasasi pemuda dan mahasiswa untuk penguatan ekonomi umat.

Webinar diakhiri dengan sesi diskusi kedua, dan ditutup oleh moderator, Muhammad Ilham Tatanagara.***

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...