WiME Lakukan Pemberdayaan untuk Warga Tambang Skala Kecil di Sawahlunto

untuk
Sawahlunto, SuhaNews – Organisasi non-profit Women in Mining and Energy (WiME) menyelenggarakan pelatihan untuk pemberdayaan dan peningkatan kapasitas bagi perempuan dan pemuda dari daerah pertambangan skala kecil, bagi warga di Desa Taratak Bancah dan Desa Sikalang, Kota Sawahlunto, Kamis 16 Desember 2021.

“Beberapa pelatihan yang dilaksanakan oleh WiME untuk perempuan dan pemuda dari daerah tambang itu adalah kepemimpinan (leadership), fotografi/videografi jurnalistik, kewirausahaan (entrepreneurship), literasi keuangan dan marketing (pemasaran),” ujar Direktur Eksekutif WiME Noormaya Muchlis.

Baca juga: Kementerian Pemberdayaan PPA Launching SILO dan SALON di Sawahlunto

WiME, jelas Noormaya Muchlis, telah menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Khas Ombilin untuk melakukan pemetaan terhadap kebutuhan dari warga yang mengikuti pelatihan ini.

“Ada peserta sembilan orang dari Desa Taratak Bancah dan enam orang dari Karang Anyar Desa Sikalang,” jelas Noormaya Muchlis.

Untuk instruktur, jelasnya, kami akan lebih memprioritaskan instruktur lokal di Sawahlunto. Karena kami paham bahwa mereka yang lebih mengerti dan mengetahui detail tentang konteks di sini.

“Pendampingan dalam pelatihan oleh WiME di Sawahlunto dilakukan oleh Antropolog dari Unand Dr. Sri Setiawati,” jelas Noormaya Muchlis.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, menyampaikan terimakasih kepada WiME atas partisipasinya memperhatikan dan membantu warga di daerah tambang skala kecil Kota Sawahlunto.

“Agar pelatihan-pelatihan ini manfaatnya terealisasi dan memberikan perubahan kehidupan peserta, maka kami menyarankan untuk difokuskan pada tindak lanjut pasca pelatihan nanti. Jangan berhenti hanya di pelatihan ini saja, harus jelas sampai manfaatnya dirasakan peserta,” kata Wali Kota Deri Asta. (*)

Baca juga: Bupati Agam, Andri Warman Buka Mukerda DPD LPM

Facebook Comments

BACA JUGA  Pemkab Tanah Datar Gelar Workshop Kopi
loading...
Artikel sebelumyaBuang Sampah Sembarangan, Pemerintah Nagari Ampang Gadang Siapkan Sanksi
Artikel berikutnyaKepala SD dan SMP Padang Pariaman Ikuti Workshop Jurnalistik