Zul Elfian Minta Gubernur Gratiskan Biaya Pendidikan SMA/SMK

Zul Elfian Minta Gubernur Gratiskan Biaya Pendidikan SMA/SMK
SuhaNews. Walikota Solok, Zul Elfian meminta Gubernur menggratiskan biaya pendidikan SMA dan SMK yang menjadi kewenangn pemerintah provinsi.

Hal ini diungkapkan Zul Elfian dalam Rapat Koordinasi Gubernur dengan seluruh Bupati dan Wali Kota guna sinkronisasi program dan kegiatan pembangunan provinsi dan kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022, Selasa (9/3) di Auditorium Gubernur Sumbar.

BACA JUGA  Kembali, Harimau Masuk Perkampungan, Warga Diminta Waspada

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Audy Joinaldi, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat Hansastri, seluruh Kepala OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, serta para Kepala OPD terkait dari Pemerintah Kota Solok.

Wali Kota Solok H.Zul Elfian mengatakan, saat ini Kota Solok masih mengejar ketertinggalan dari kota lain yang dinilai telah cukup berkembang.

Adapun usulan utama yang diusulkan Pemerintah Kota Solok ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat adalah menggratiskan biaya sekolah SMA dan SMK. Saat ini, biaya sekolah di Kota Solok hanya gratis sampai tingkat SMP. Diharapkan dukungan dari Pemprov, karena saat ini SMA dan SMK kewenangannya berada dibawah naungan Pemerintah Provinsi.

BACA JUGA  LPMP Sumbar Gelar Teleconference dengan Dinas Pendidikan se-Sumbar

Balai Benih Ikan Sarasah Batimpo di Kelurahan Laing akan dijadikan sentra bibit yang tidak hanya untuk Kota Solok, namun juga untuk daerah sekitar.

Objek wisata Pulau Belibis kedepannya juga akan dikembangkan. Karena potensi Pulau Belibis sangat bagus untuk menjadi pariwisata andalan Kota Solok.

Selanjutnya, Pengadaan alat ATCS di Simpang Rumbio, Pengadaan alat pengujian kendaraan bermotor, serta optimalisasi jalan Simpang Rumbio sampai Simpang Pulai yang merupakan jalan provinsi yang sangat padat, terutama di pagi dan siang hari.

Lanjutan pembangunan RSUD Kota Solok. Saat ini bangunan Instalasi Gawat Darurat dan Instalasi Rawat Jalan telah selesai. Pembangunan Instalasi rawat inap belum jadi dikerjakan karena adanya Recofusing anggaran Tahun 2020 karena pandemi Covid-19.

“RSUD yang berdiri diatas areal lahan 3 Hektar tersebut, diharapkan dapat beroperasi pada Tahun 2022 nanti,” harap wako.

BACA JUGA  Rabu 18 Maret, Hari Tanpa Bayangan di Arosuka

Terakhir, penyelesaian GOR Laing guna menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2024, dimana Kota Solok pertama kalinya semenjak berdiri, akan bertindak sebagai tuan rumah Porprov.

“Ucapan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah membantu Kota Solok selama ini. Bantuan alokasi dana sangat dibutuhkan oleh Kota Solok untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain di Provinsi Sumatera Barat,” sebut H. Zul Elfian Umar.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi mengatakan, usulan yang telah disampaikan Wali Kota Solok akan diusahakan untuk diakomodir.

Khusus jalan Simpang Rumbio-Simpang Pulai agar segera di tingkatkan, karena menyangkut kenyamanan masyarakat Kota. Apalagi disana juga terdapat RS.M.Natsir milik Pemprov Sumbar.

BACA JUGA  Positif Covid-19 Meningkat, MUI Keluarkan Himbauan

“Kita harus memberikan kenyamanan kepada masyarakat Kota Solok,” tegas gubernur.\

Senada dengan gubernur, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi yang merupakan putra asli Kota Solok, mengajak Wali Kota Solok H.Zul Elfian untuk bersama-sama membangun Kota Solok.

“Mari bersama-sama kita membangun Kota Solok yang lebih baik kedepannya,” tutupnya. Rel

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...