19 Lokasi di Koto Baru gelar Salat Ied Hari Sabtu, Hewan Kurban Berjumlah 243 Ekor

19 Lokasi di Koto Baru gelar Salat Ied Hari Sabtu, Hewan Kurban Berjumlah 243 Ekor
Koto Baru, SuhaNews – Masyarakat nagari Koto Baru kecematan Kubung Kabupaten Solok menggelar salat Ied Idul Adha pada hari Sabtu (9/7) di 19 lokasi yang tersebar di berbagai jorong.

Selain salat Ied, juga dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang jumlah tahun ini berjumlah 243 ekor yang terdiri dari 230 ekor Sapi dan 13 ekor Kambing.

“Alhamdulillah jumlah hewan kurban tahun ini meningkat dibanding tahun lalu, sedangkan untuk salat Ied dilaksanakan pada hari Sabtu di 19 masjid dan musala yang ada di nagari Koto Baru,” ujar Afrizal Khaidir, wali nagari Koto Baru saat dikonfirmasi SuhaNews.

Dijelaskannya, untuk penyembelihan kurban, selain pada hari Sabtu, juga ada yang melaksanakannya pada hari Minggu dan hari Senin. Sedangkan jorong terbanyak menyembelih hewan kurban masih dipegang oleh jorong Subarang dengan jumlah 47 ekor Sapi dan 7 ekor Kambing.

“Selain hari Sabtu, masjid agung Darussalam Islamic Center Koto Baru juga menggelar salat Ied pada hari Minggu (10/7) ulas Afrizal.

Ketika ditanya mengenai hewan yang terjangkit penyakit kuku dan mulut (PMK), Afrizal menyebutkan sejauh ini belum ada kasus tersebut di nagari Koto Baru, baik untuk hewan ternak maupun hewan peliharaan masyarakat.

“Sebagian besar Sapi dan Kambing yang disembilih merupakan varietas lokal ternak masyarakat. Walaupun ada yang dibeli itupun dari pasar lokal, sehingga kecil resiko terpapar kasus PMK,” terang Wli Nagari.

Berita Terkait :

BACA JUGA  Terbaik di Sumbar, Bupati Pasaman Terima 2 Penghargaan Sekaligus

lokasi lokasi lokasi lokasi 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakHari ini, Pariaman Laksanakan Salat Idul Adha di Lapangan Merdeka
Artikulli tjetërBupati dan Wabup Tanah Datar Salat Ied di Lapangan Gumarang Sabtu 9 Juli 2022