Kunjungi Kemenag, Kapolres Pesisir Selatan Apresiasi Pengendalian Gratifikasi

Painan, SuhaNews – Suatu kehormatan bagi kita keluarga besar Kantor Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan mendapat kunjungan silaturrahim dari Kapolres. Mudah-mudahan pertemuan ini berkah dan memperkuat kerjasama antara Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dengan Polres Pesisir Selatan.
Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda ketika menerima kunjungan Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Sri Wibowo, Selasa (8/2) di ruang kerjanya.

“Ada banyak hal yang kita perbincangkan, di samping silaturahim juga adalah saling berbagi informasi tentang tugas dan fungsi masing-masing, dan ada beberapa hal yang bisa kita sinergikan di antaranya adalah upaya maksimalisasi pelaksanaan vaksin covid-19.

“Alhamdulillah selama ini sudah terjalin komunikasi yang efektif antara aparatur Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dengan pihak Polres Pesisir Selatan dalam mensukseskan vaksinasi Covid-19 ini,” ungkap kakan kemenag.

Selain itu kedua instansi vertikal tersebut juga membahas beberapa strategi dalam rangka upaya memaksimalkan proses vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak di Madrasah Ibtidaiyah yang sudah di mulai dalam beberapa hari lalu.

“Disamping itu upaya menjalin kerjasama dengan lintas sektoral merupakan hal yang sangat penting dilakukan, karena dengan kerjasama yang baik akan terbangun komunikasi yang menciptakan situasi dan kondisi saling mebutuhkan dan saling mengisi untuk kemajuan bersama,” lanjut kakan kemenag.

“Diantaranya adalah upaya kegiatan penyuluhan keagamaan dan Kamtibmas di masing-masing kecamatan yang bisa kita sinergikan di mana kita tahu di Polres juga ada Bhabinkamtibmas dan kita juga punya para penyuluh agama, baik fungsional maupun non PNS dalam rangka menyampaikan informasi informasi dan pengayoman kepada masyarakat,” ujarnya menambahkan.

Selanjutnya Kakan kemenag juga menyampaikan kepada Kapolres bahwa sesuai dengan langkah-langkah membangun Zona Integritas dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK dan WBBM), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan juga menyiapkan Unit Pengendalian Gratifikasi dan Pungli.

BACA JUGA  Pemkab Pasaman Berduka, Sekretaris BPBD Wafat Karena Kecelakaan di Sungai Limau

Kapolres Sri Wibowo sangat mengapresiasi dan mendukung penuh, serta berkenan untuk melakukan pendampingan terkhusus dalam pelaksanaan tugas-tugas Unit Pengendalian Gratifikasi dan Pungli di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir selatan melalui Tim Saber Pungli Polres Pesisir Selatan.

“Nanti akan ada semacam sinergisitas dan pendampingan terhadap kita dari Polres Pesisir Selatan,” ujar kakan kemenag.

Kakan kemenag berharap dengan terjalinnya berbagai kerjasama tersebut akan semakin memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsi Kantor Kementerian Agama makan dan juga semakin memperkuat langkah-langkah membangun Zona Integritas dalam mewujudkan WBK dan WBBM di wilayah-wilayah tugas kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

Kakan Kemenag juga mengatakan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan memiliki cukup banyak area-area pelayanan publik, diantaranya adalah area pelayanan di madrasah-madrasah dalam masa-masa penerimaan peserta didik baru atau PPDB.

Kemudian area pelayanan publik di KUA kecamatan dalam hal pelayanan nikah, dan di Kantor Kementerian Agama sendiri juga ada pelayanan publik dalam masalah pendaftaran haji, layanan kepegawaian, layanan sertifikasi bagi guru madrasah, dan layanan sertifikasi bagi guru PAI yang dibayarkan oleh Kemenag, dan juga ada layanan sertifikasi bagi guru-guru madrasah yang dibayarkan pada masing-masing satker madrasah MTsN dan MAN

Seirama dengan Kakan Kemenag, Kapolres Sri Wibowo menyampaikan harapannya untuk saling meningkatkan kerjasama dan terus bersinergi antara Polres dan Kantor Kementerian Agama dalam membangun Kabupaten Pesisir Selatan, pada lintas sektoral. Zon|Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -