Antisipasi Penyebaran Covid-19, Penjagaan Perbatasan Tanah Datar Diperketat

338
jaga
Batusangkar, SuhaNews – Pada pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  tahap II, penjagaan di posko perbatasan Kabupaten Tanah Datar diperketat. Petugas gabungan TNI, Polri, Dishub, Pol PP, Tenaga Medis dan PMI ikut menjaga perbatasan.

“Petugas memberhentikan kendaraan yang masuk ke wilayah Tanah Datar untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan baik pengendara maupun penumpangnya,” jelas Sekretaris Daerah Irwandi, Minggu (10/5).

jaga
Sekda Irwandi

Posko perbatasan, jelas Irwandi, berperan penting mengawasi masyarakat yang masuk ke Tanah Datar, ini dilakukan mencegah penyebaran Covid-19.

Sekretaris Daerah Irwandi didampingi Kepala Bagian POD Herison  dan Wakil Ketua II TP PKK Ny. Rina Irwandi, mengunjungi posko perbatasan Tanah Datar – Kabupaten Lima Puluh Kota, di Pauh Tinggi Tanjung Bonai Lintau Buo Utara, Minggu (10/5/2020).

Di posko ini, Sekda bersama rombongan bisa melihat warga yang melewati perbatasan dengan kesadaran melaporkan dirinya ke petugas di posko perbatasan. Mereka menyampaikan dari mana dan hendak ke mana tujuannya.

“Masyarakat diminta menyampaikannya secara jujur ke riwayat perjalanannya,” jelas Irwandi.

“Jika ada kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) yang dibutuhkan segera laporkan ke posko percepatan penanganan Covid-19 Tanah Datar, dan jaga terus kesehatan serta sinergitas sesama petugas,” ujar Irwandi.

Salah seorang Tenaga Medis, Rahmawati mengatakan bahwa ada dua tim di posko ini yang berbagi shif. Pertama Pukul 8.30-16.00 WIB, dan pukul 16.00 – 22.00 WIB.

“Petugas kesehatan mengukur suhu tubuh dsetiap warga yang lewat di posko perbatasan jika demam, setelah didatadiminta untuk melapor ke bidan nagari tujuannya,” ujar Rahmawati.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanah Datar membentuk 8 posko sub sektor transportasi yaitu di Puncak Alai, Pos Lantas Ombilin, Pasar Barulak Tj. Alam, Pauh Tinggi Tanjung Bonai, Sitangkai, Depan Polsek Padang Gantiang, Kubu Karambia Batipuh dan Baing Malalo.

Editor: Wewe     Sumber: tanahdatar.go.id

Baca Juga:

 

Facebook Comments

loading...