Atasi Kelangkaan, RSUD Dr. M. Zein Painan Produksi Tabung Oksigen Sendiri

painan
Pesisir Selatan, SuhaNews – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan mampu memproduksi oksigen kebutuhan rumah sakit mencapai 150 tabung/hari dengan ukuran 1800 kilogram.

“KIta tidak khawatir dengan persediaan oksigen untuk pasien yang membutuhkan,” ujar Direktur RSUD dr M Zein Painan, Sutarman, Jumat (23/7) di Painan.

Sebagai rumah sakit yang dikelolah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), rumah sakit itu sekarang telah memiliki sarana untuk memprodukasi oksigen tersebut.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Covid-19, Wabup Rudi Hariyansyah Kunjungi RSUD M. Zein Painan

Dalam satu hari, jelasnya, bisa  diproduksi 150 tabung oksigen dengan kapasitas 1800 liter. Ini merupakan rumah sakit satu-satunya di Sumbar yang memproduksi oksigen sendiri.

“Dalam kondisi normal, kebutuhan oksigen rata-rata dalam satu hari hanya sebanyak 50 tabung. Selama pandemi Covid-19, kebutuhan tabung oksigen mencapai 100 tabung per hari.

Saat ini jumlah pasien positif Covid-19 yang masih dalam masa perawatan di rumah sakit, jelas Sutarman, ada sebanyak 36 orang.

“Kita mencadangkan 21 tempat tidur yang akan dimanfaatkan untuk ruang perawatan pasien Covid-19, yakni dengan memanfaatkan ruang penyakit dalam, ruang bedah, dan ruang lainnya,” ungkap Sutarman.

Di samping itu, juga ada sudah ada pembahasan dengan Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah, Dinas Kesehatan, dan Gugus Tugas Covid-19 Pessel untuk memanfaatkan Rusunawa tiga lantai yang bakal dijadikan sebagai ruang isolasi atau perawatan Covid-19, jika jumlah warga terkonfirmasi terus bertambah. (*)

Baca juga: 5 Ahli Gizi RSUD M.Natsir Kota Solok Terkonfirmasi Positif Covid-19

Facebook Comments

BACA JUGA  Bawa Kabur Tas Penumpangnya, Driver Ojek Online Diamankan Polisi
loading...
Artikel sebelumyaOlimpiade Tokyo 2020, Hadapi Meksiko, Jepang Hadapai Lawan Berat
Artikel berikutnyaCovid-19 di Agam: 4 Pasien Meninggal Dunia, Total Sudah 133 Orang Meninggal