BAM Pontren Kauman; Efusi Nilai Perjuangan Muhammadiyah Untuk AUM yang Berkemajuan

BAM Pontren Kauman; Efusi Nilai Perjuangan Muhammadiyah Untuk AUM yang Berkemajuan
Pd.Panjang, SuhaNews – Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah bukan hanya sebagai amal usaha pendidikan semata, melainkan sebagai tempat mentransfer nilai perjuangan dan pandangan hidup yang selama ini menjadi pedoman hidup Muhammadiyah. Hal ini disampaikan oleh Mudir Pondok Pesantren, Dr. Derliana, MA pada acara pembukaan Baitul Arqam Muhammadiyah (BAM) Tenaga Pendidik dan Kependidikan Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Selasa (19/2).

Derliana menjelaskan bahwa Pondok Pesantren (Pontren) haruslah menjadi nilai perjuangan dan pandangan hidup. Sesuai yang tertuang dalam dua pokok pikiran yang bersifat ideologis dan strategis.

“Secara ideologis kita mesti tegaskan dasar ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis, di samping juga dasar yang bersifat pemikiran. Pola pikir yang bersifat strategis memiliki bentuk khittah perjuangan yang bergerak secara dinamis dan mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi,” katanya.

Menurut Derliana, kedua pola pikir itu harus menjadi salah satu dasar siapapun yang menjadi tenaga pendidik dan kependidikan di Pondok Pesantren Kauman dalam memperluas dakwah ilmu dan menebar kebermanfaatan.

“Apa yang kita lakukan saat ini adalah bentuk keseriusan Pondok Pesantren dalam memberikan pemahaman terhadap tenaga pendidik dan kependidikan dalam hal pengelolaan Amal Usaha Muhammadiyah. Agar dalam pengelolaannya, sasaran yang kita harapkan dapat kita raih. Tidak hanya dunia tapi akhirat,” ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa Pondok Pesantren Muhammadiyah memiliki empat fungsi yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

“Ada empat fungsi yang harus berjalan sesuai dengan khittah perjuangan Muhammadiyah di Pondok Pesantren ini. Pertama sebagai sarana pendidikan dan pencerdasan, Kedua, pelayanan masyarakat, ketiga dakwah amar makruf nahi munkar dan Keempat, lahan kaderisasi” Terangnya.

Di samping itu, menurut Yuhaldi, selaku ketua panitia menjelaskan kegiatan BAM
ini merupakan perkaderan utama tingkat dasar dalam organisasi Muhammadiyah.
Bertujuan untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang Muhammadiyah bagi tenaga pendidik dan kependidikan di Aum pontren kauman Muhammadiyah Padang Panjang.

BACA JUGA  Santri Ponpes Al Kautsar 50 Kota Raih Medali Perak pada Kejurda Silat Tingkat Sumbar

“Tujuan kegiatan Baitul Arqam adalah untuk meningkatkan pemahaman keislaman, menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir di kalangan anggota persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah. Sehingga cita-cita Muhammadiyah melalui amal usahanya dapat dicapai dengan semestinya,” katanya.

Bertempat di ruang majelis guru, kegiatan yang mengusung tema Efusi nilai perjuangan Muhammadiyah untuk AUM yang berkemajuan ini diikuti oleh 47 orang tenaga pendidik dan kependidikan dan akan berlangsung dari tanggal 19-21 April 2022. DJW

Berita Terkait :

pontren pontren pontren pontren 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKepala Kantor Kemenag Kota Solok Diserahterimakan
Artikulli tjetërWakil Gubernur Audy Joinaldy Berikan Motivasi Siswa SMAN Sipora, Mentawai