Banjir 12 Januari 2021 di Solok, Jembatan Putus dan Irigasi Rusak Parah

Banjir 12 Januari 2021 di Solok, Jembatan Putus dan Irigasi Rusak Parah
Evakuasi warga di Salayo. foto : Mora Rajo Kando
Solok, SuhaNews. Banjir akibat luapan Batang Lembang yang terjadi Selasa (12/1) dini hari akan menjadi sejarah bagi masyarakat kota dan kabupaten Solok. Ribuan rumah terendam banjir.

 

Banjir ini akibat debit batang Lembang yang meningkat setelah kawasan hulu dilanda hujan sejak Senin (11/1) sore. Kemudian ditambah lagi air dari batang Cupak dan Batang Sumani yang bergabung dengan batang Lembang di Badenah nagari Salayo.

Setelah Batang Cupak dan Batang Sumani bergabung ke Batang Lembang, debit air meningkat tajam, inilah yang membuat kota Solok yang berada di aliran Batang Lembang ikut terendam.

Beberapa nagari di Kabupaten Solok yang terdampak antara lain Muaro Paneh di kecamatan Bukit Sundi, Koto Baru dan Salayo di kecamatan Kubung, dan Sumani dikecamatan X Koto Singkarak.

Sedangkan di Kota Solok antara lain kelurahan KTK, Aro IV Korong, Sinapa Piliang, IX Korong, Koto Panjang, IV Suku dan Tanah Garam.

Dari pengamatan SuhaNews, walau banjirini sudah rutin terjadi tiap tahun, namun banjir Selasa (12/1) termasuk yang parah dalam beberapa tahun terakhir.

Bilamana biasanya banjir surut dalam waktu satu dua jam, kali ini banjir yang mulai terjadi sejak pukul 01.00 WIB dini hari terus bertambah hingga pagi.

Selain merendam rumah warga dan area pertanian, banjir juga menutup jalan lintas Sumatera di kota Solok hingga tak bisa dilewati, seperti kawasan IX Korong hingga Lukah Pandan. Kemudian di sekitar KTK juga terandam, sehingga arus lalu lintas dialihkan.

Berikut foto-foto Banjir Selasa (12/1) yang terekam SuhaNews serta kiriman netizen.

PMI Kota Solok Ikut Evakuasi Korban Banjir

Banjir Kota Solok, Bhabinkamtibmas Evakuasi Lansia

Batang Lembang Mengganas, Polsek Kubung Terendam Banjir

Batang Lembang Mengganas, Polsek Kubung Terendam Banjir

Warga Mulai Mengungsi, BPBD Kab. Solok Datangi Lokasi Banjir

Baca Juga :

BACA JUGA  Tak Lagi Zona Hijau, 1 Warga Kota Solok Positif Covid-19

 

Facebook Comments

loading...