Bertepatan dengan Ramadan, Peringatan HUT Pessel ke-74 Berjalan Khidmat

dengan
Pesisir Selatan, SuhaNews – Sekalipun bertepatan dengan Ramadan 143 H, Peringatan hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ke-74 berlangsung khidmat.

Paripurna dihadiri Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, Wakil Bupati (Wabup) Rudi Hariyansyah, Ketua DPRD Ermizen, Wakil Ketua April Habbas Buya Piyai, Wakil Ketua Hakimin dan Wakil Ketua Jamalus Yatim.

Baca juga: HUT ke-109, Bupati Solok Hadiri Rapat Paripurna DPRD

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi, Walikota Pariaman Genius Umar, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekretaris Daerah (Tanah Datar) Iqbal Rama Dipayana dan Forkompimda Pesisir Selatan.

Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen menyatakan bahwa Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan merupakan hari bersejarah, dan hari bersatunya masyarakat.

“Hari jadi kabupaten merupakan wujud rasa syukur, dan momentum untuk melakukan instropeksi dan evaluasi tentang sejauhmana pelaksanaan pembangunan yang dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Ermizen.

“Selama 74 tahun berdiri Pesisir Selatan mampu mewujudkan sebagian besar dari rencana pembangunan strategisnya,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perkumpulan Perantau Pesisir Selatan (PKPS) Sumatera Barat Sengaja Budi Syukur.

“Peringatan ini harus kita jadikan sebagai refleksi dalam melaksanakan pembangunan yang lebih baik ke depannya,” ujarnya saat memberikan sambutan pada Paripurna Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke-74 di Painan.

Juga hadir Ketua TP PKK Titi Rusma Yul Anwar, Wakil Ketua TP PKK Ika Rudi Hariyansyah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Bagian, camat dan di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan.

Ia melanjutkan masyarakat berharap setelah satu pelaksanaan Pilkada, bupati-wakil bupati agar menjalankan program kerja dan rencana pembangunan yang telah disusun.

Pemerintah kabupaten harus menjalin hubungan baik dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, sehingga segala keterbatasan, utamanya soal pembiayaan pembangunan bisa teratasi.

BACA JUGA  Tanggul Pengendalian Banjir Batang Tapan akan Dibangun

“Dengan demikian daerah berjuluk ‘Negeri Sejuta Pesona’ itu semakin maju dan lebih baik,” terangnya.

Menurutnya Pesisir Selatan memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan demi terwujudnya kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti misalnya pelabuhan Panasahan. Tak hanya itu, Pesisir Selatan juga memiliki potensi pertanian dan pariwisata yang sangat menjanjikan. Karena itu, pemerintah kabupaten harus mampu mengoptimalkan potensi tersebut.

“Pemkab Pesisir Selatan kini tengah fokus melakukan upaya pemulihan ekonomi masyarakat pasca Pandemi Covid-19. Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan juga berharap dukungan dari semua komponen dalam pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” harap bupati.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy  berharap melalui momentum peringatan hari jadi kabupaten ini dapat menjadi penyemangat bagi pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Membangkitkan berbagai sektor, mewujudkan pembangunan yang merata, memacu pengembangan potensi sumber daya alam yang ada untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, berupaya melakukan inovasi di semua bidang dan lainnya.

Menurut Audy, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan harus mampu menghadapi segala tantangan, melakukan berbagai terobosan, inovasi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Ia juga menegaskan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan senantiasa mendukung Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. (*)

Baca juga: Bupati Solok Tutup Rangkaian HUT ke-109 dan Festival 5 Danau

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakLKKS Agam Salurkan Paket Sembako Lebaran untuk Anak Yatim
Artikulli tjetër5 Siswa MAN 1 Solok Plus Keterampilan Terima Bantuan Baznas Sumbar