Bimbaqu, Inovasi Kemenag Bukittinggi untuk Kompetisi di KemenPANRB

Bimbaqu, Inovasi Kemenag Bukittinggi untuk Kompetisi di KemenPANRB
Bukittinggi, SuhaNews – Inovasi program Bimbingan Baca Al-Qur’an (BIMBAQU) Kantor Kemenag Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah masuk salah satu usulan Inovasi Layanan Publik yang akan mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KIPP KemenPANRB) perspektif Moderasi Beragama tahun 2022.

Bimbingan Baca Al-Qur’an (Bimbaqu) haji Inovasi Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi ini masuk 27 Inovasi yang lolos untuk ikut serta dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KIPP KemenPANRB) tahun 2022 usai mengikuti seleksi yang dilakukan Biro Ortala Kementerian Agama RI.

Hal ini di ketahui setelah mengikuti Zoom Meeting Submit Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Perspektif Moderasi Beragama Tahun 2022, Kamis (14/04). Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Tri Andriani Djusair, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H. Tamrin, Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Hj. Misra Elfidan Tim IT.

Kasi Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Tri Andriani Djusair menyambut gembira hasil penilaian yang di lakukan Biro Ortala Kementerian Agama Republik Indonesia dan menyampaikan apresiasi kepada Tim.

“Alhamdulillah Inovasi Bimbaqu Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah masuk salah satu usulan Inovasi Layanan Publik yang akan mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KIPP KemenPANRB) tahun 2022. Hal ini tidak terlepas dari kolaborasi semua pihak,” ujarnya usai mengikuti Submit Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KIPP KemenPANRB) tahun 2022.

BACA JUGA  Setelah Eselon III Hari Ini Bupati Solok Lantik Pejabat Eselon II

Selanjutnya Tri Andriani Djusair memaparkan bahwa program bimbaqu merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kemandirian jamaah menuju haji yang mabrur .

“Ide untuk melaksanakan program bumbaqu ini berawal dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim pembimbing ibadah haji Kota kloter 9 embarkasi padang tahun 2019. Dari hasil evaluasi tersebut masih ada Jama’ah kita yang belum mamaksimalkan waktu di tanah suci untuk beribadah , zikir membaca Al Qur’an dan berdoa bermunajat kepada Allah SWT disebabkan jama’ah belum bisa membaca Al Qur’an,” jelasnya.

Katanya lagi Program ini juga mendukung program Berantas Buta Aksara Al Qur’an untuk jamaah haji. “Program bimbaqu juga diintegrasikan dengan bimbingan ibadah mulai dari bersuci, bacaan dan gerakan shalat dan lain sebagainya. Program Bimbaqu juga berkontribusi terhadap capaian tujuan pembangunanan berkelanjutan pilàr pendidikan dengan target pendidikan berkualitas mendukung kesempatan untuk belajar sepanjang hidup untuk semua orang tanpa kecuali,” tegasnya.

Bimbaqu, Inovasi Kemenag Bukittinggi untuk Kompetisi di KemenPANRB 1

Secara terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi mengucapkan selamat atas lolosnya program Bimbaqu Haji Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KIPP KemenPANRB) tahun 2022.

“Alhamdulillah ini berkat kerja keras dari teman-teman semua sehingga layanan inovasi publik Bimbaqu Haji lolos seleksi untuk mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang dilakukan Kemenpan RB. Dengan hasil ini jangan membuat kita lekas berpuas diri, karena perjuangan kita di depan masih panjang mengikuti kompetisi bersama seluruh Kementerian, berbagai Dinas, Instansi, dan BUMN pada KIPP KemenPANRB,” tutur pejabat yang baru memimpin Kemenag Kota Bukittinggi ini memberi motivasi.Yal

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPendidik dari 4 SMPN di Bukit Sundi Ikuti Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka
Artikulli tjetërGubernur Sumbar Terima Anugerah Adinata Syariah 2022