Bimbingan Konseling; Agar Belajarmu Lebih Bermakna

Bimbingan Konseling; Agar Belajarmu Lebih Bermakna
Banyak cara dilakukan guru untuk menumbuhkan minat belajar siswa dan membangkitkan motivasinya. Salah satu yang dilakukan oleh guru Bimbingan Koseling SMPN 1 Sungai Tarab, Andra Mairoza adalah mengajak siswa menulis dan berliterasi. Karena dengan literasi seseorang dapat menumpahkan emosi dan isi hatinya.

Seperti tulisan berikut yang ditulis oleh Heni Silvia Wati, siswa kelas VII B SMPN 1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah datar dengan judul tulisan Agar Belajarmu Lebih Bermakna.

Hallo semuanya, bagaimana kabarnya? Semoga kita semua dalam limpahan rahmat Allah Stw. Yah !!, dan semoga kita semua selalu didalam lindungan Allah Swt. Aamiin yarobbal’alamin. Untuk kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan sebuah cara agar belajar kamu lebih bermakna dan lebih bersemangatt yaa.

Apa itu belajar lebih bermakna? Nah berikut ini ada beberapa alasan agar belajarmu lebih bermakna.

1. Pahami Urgensi Belajar
Belajar bisa dikatakan atau bisa disamakan dengan pentingnya makan, minum, pakaian atau juga disebut dengan kebutuhan primer. Dapat diartikan, jika kurang 1 saja kebutuhan tersebut, maka pasti akan mengganggu kegiatan sehari-hari kita bukan?, nah sama hal nya dengan belajar, apabila belajar tidak maksimal, maka pasti akan ada kekurangannya. Jadi, belajarlah dengan maksimal, anggap belajar itu seperti kebutuhan pokok kita seperti makan dan minum.

2. Luruskan Niat
Niat bisa dikatakan juga dengan ikhlas. Apabila kita tidak ikhlas melalukan kegiatan pembelajaran, maka pembelajaran tersebut pasti tidak berjalan dengan lancar. Maka dari itu luruskan lah niat mu dan ikhlas dalam melakukan masa belajarmu.

3. Jangan Bermimpi
Bukan berarti tidak boleh bermimpi, tetapi jangan hanya sekedar mimpi saja, tetapi beranikan diri untuk beraksi dan berani kan lah dirimu untuk bertanya apabila kamu tidak mengerti.

BACA JUGA  Terima Ternak: DKP3 Sawahlunto Lakukan Pendampingan dan Pengawasan

4. Membangun Cita-cita
Bangunlah cita-cita sejak dini. Membangun cita-cita dan memasang target. Hal itu yang dapat menuntun kamu pada langkah-langkah terarah dan tidak nyawur. Kita juga harus yakin bahwa kita bisa, dan yakinlah bahwa apa yang akan terjadi pada esok hari lebih baik dari pada yang kita dapatkan pada saat ini.

5. Selalu Optimis
Mewujudkan cita-cita itu perlu dengan optimis dan yakin bahwa kita bisaa melakukannya. Kalau kita memiliki cita-cita pasti mewujudkan nya tidak mudah, ada ada saja rintangan dan hadangan yang kita lewati. Maka dari itu diperlukan sikap optimis pada diri kita. Dan tanamkanlah didiri kita.

6. Bekerja Keras
Kita harus bekerja keras mengeluarkan seluruh potensi yang ada didalam diri kita. Meliputi hati, pikiran, dan jasad. Mustahil juga apa yang kita inginkan terwujud apabila tidak dengan usaha yang maksimal, perjuangan, dan pengorbanan. Maka dari itu fokus lah dan bersungguh-sungguh lah dalam belajar.

7. Istiqomah
Didalam mencapai cita-cita, ada kata kunci yang harus kita uncamkan pada diri kita, yaitu istiqomah dan terus istiqomah. Kamu sesungguhnya adalah benteng berakhir bagi seseorang untuk meraih kemenangan. Cita-cita memerlukan waktu yang panjang, butuh perjuangan dengan maksimal disertai pengorbanan yang tulus.

8. Jadilah Pemenang
Didalam sebuah pertempuran tentu pasti ada menang dan kalahnya, niscaya kamu akan meraih singgasana dan kerajaan. Yakin lah kalau Allah Swt. Salalu bersama kita.

Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah kemenangan akan ada di tangan orang yang bersungguh-sungguh, selalu optimis, bekerja keras, istiqomah, dan yang terperlu adalah NIAT. Niat untuk bagaimana kita kedepannya.

Baca Juga :

BACA JUGA  Pemkab Harapkan Wantannas Dukung Peningkatan Akses Jalan Solsel - Dharmasraya

bimbing bimbing bimbing bimbing 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKomite II DPD RI Lakukan Kunjungan Kerja ka Kota Pariaman
Artikulli tjetërWakil Bupati Temanggung Belajar Program Sagasaja Kepada Wako Pariaman