Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Melalui Salat 5 Waktu

Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Melalui Salat 5 Waktu

Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Mmelalui Salat Lima Waktu

Oleh : Nafisah Martaful (Siswa UPT SMPN 1 Sungai Tarab)

Kata “Iman” artinya percaya. Digunakan untuk maksud komitmen yang kokoh dengan penuh keyakinan kepada Allah dan rasulnya. Kata “Taqwa” artinya takut, digunakan untuk maksud ketundukan total kepada aturan yang telah Allah dan rasulnya lakukan

Salah satu cara meningkatkan keimanan dan ketakwaan melalui salat lima waktu. Apabila salat lima waktu dilakukan secara berjamaah maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Salat lima waktu adalah perkara yang pertama-tama akan ditanyakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Salat adalah perkara yang pertama kali kita akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah subhanahu wa ta’ala Selain itu, salat juga merupakan perkara yang menjadi batas antara status iman dan kufur dari seorang hambanya.

Mengapa kita harus selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala ? Kita sebagai orang muslim diharuskan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah agar kita senantiasa dilindungi oleh Allah dari perbuatan maksiat, tersesat di jalan yang salah, serta dijauhkan dari hal-hal negatif lainnya.

Contoh meningkatkan keimanan dan ketakwaan melalui salat lima waktu adalah sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa maka perlu adanya kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mengamalkan ajaran agama terutama salat. Salah satu diantaranya adalah dengan cara membiasakan siswa untuk melaksanakan salat. Sebagai upaya untuk terbiasa mengerjakan salat maka SMPN 1 sementara rutin setiap hari Senin sampai hari Kamis melaksanakan salat zuhur berjamaah, kegiatan salat zuhur berjamaah dilaksanakan di mushola SMPN 1 Sungai tarab.

Kegiatan salat zuhur berjamaah di SMPN 1 Sungai tarab telah berlangsung bertahun-tahun yang lalu dan akan terus dilaksanakan sampai sekarang bahkan akan terus dilaksanakan untuk masa-masa yang akan datang. Dari segi kualitas pelaksanaannya pun akan terus diupayakan untuk ditingkatkan.

BACA JUGA  Pelajar Asal Sarik Laweh Sumiso, Rindu Disandera Alam

Salat berjamaah mampu meningkatkan peluang diterimanya ibadah salat jika dibandingkan salat yang dilakukan secara sendiri . Diampuni segala dosa oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Diberikan pahala yang berlipat ganda , yaitu orang yang mengerjakan salat berjamaah mendapat pahala sebanyak 27 derajat, tingkatkanlah iman dan taqwa melalui salat, membaca Alquran, membaca buku Islami, dan lain-lain. *

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKetua Dekranasda Pariaman: Sulaman Kapalo Penitik Nareh Akan Dipatenkan
Artikulli tjetërSolat Jumat di Masjidil Haram, Jamaah Haji Kab. Solok Nikmati Kesibukan Kota Makkah