Penipuan Berkedok Donasi, BNPB; Masyarakat Perlu Waspada

ipu
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (kanan) berbincang dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kiri) usai menyerahkan bantuan di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (27/3/2020). Warga diminta waspadai akun Instagram penipuan mengatasnamakan BNPB.
SuhaNews – Beragam cara dilakukan untuk menipu. Salah satunya mengeruk keuntungan dengan mengumpulkan donasi mengatasnamakan BNPB untuk penanganan pandemi virus corona. Masyarakat perlu mewaspadainya agar tidak tertipu.  

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendapati akun Instagram yang mengatasnamakan BNPB untuk pembukaan donasi uang di tengah pandemi corona. Pengguna Instagram penipuan tersebut juga menggunakan akun bnpb.go.id.

“BNPB mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menyikapi bentuk informasi, khususnya di media sosial, yang digunakan untuk menggalang donasi,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam siaran pers, Ahad (12/4).

ipu

Agus menyampaikan BNPB sudah menindaklanjuti akun tersebut dengan menghubungi pihak BNI dan Facebook untuk pemblokiran. Terkait dengan penerimaan donasi, Gugus Tugas telah memiliki rekening resmi.

“Silakan menyalurkan donasi ke akun resmi kami yang tersedia,” ujar Agus.

Akun palsu BNPB ini menuliskan “Akun BNPB Berbasis Menerima Bantuan Berupa Uang Tunai yang Donatur Kasihkan disimpan buat Uang Kas Indonesia”.

Pada akun tersebut, pemilik akun mencantumkan nomor rekening BNI. Akun tersebut menggunakan logo BNPB dan tulisan BNPB Provinsi.

Sumber: republika.co.id

Baca Juga:

Facebook Comments

BACA JUGA  Kabar Sepekan : Narkoba, Kebakaran dan Corona Masih Jadi Trending Topik
loading...
Artikel sebelumyaKembali Bertambah, Sudah 45 Orang Positif Covid-19 di Sumbar
Artikel berikutnyaPositif Covid-19, Wanita di Pasuruan Menghilang