Bupati Gusmal Buka Muscab IV IBI Kabupaten Solok

gusmal
Arosuka, SuhaNews – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Solok menggelar Muscab IX tahun 2021, Kamis (21/1/2021) di Ruangan Solok Nan Indah Arosuka.

Muscab ini dihadiri Bupati Solok H. Gusmal, Kepala Dinas Kesehatan dr. Maryeti Marwazi, Mars., Ketua IBI Provinsi Sumbar Hj. Hasnawati, dan Ketua IBI Kab. Solok Darniyanti Elfita serta para bidan.

“Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan strategis yang memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak,” kata Bupati Solok H. Gusmal.

Walaupun dalam masa pendemi, jelas Gusmal, bidan saling bahu membahu dengan organisasi lain dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

“SDG’s pada sektor kesehatan meliputi masalah yang perlu diupayakan sebagai kelanjutan millenium development goal (MDG’s) pada 2015 lalu,” tambah Gusmal.

Bidan harus berupaya untuk menurunkan prevalensi balita kurang gizi (Stunting). Penurunan angka kematian bayi dan balita dan Penurunan angka kematian ibu.

“Program tersebut sejalan dengan visi misi pembangunan daerah Kabupaten Solok,” tambah Gusmal.

bupatiUntuk mencapai visi tersebut, jelas Bupati Gusmal,disusun lima misi pembangunan tahun 2015-2021 yaitu 1. Pendidikan 2. Kesehatan. 3. Ekonomi kerakyatan. 4. Penyelengaraan pembangunan yang bersih dan baik berdasarkan adat basandi syrak syarak basandi kitabullah.

“Jadikan momentum Muscab ini sebagai alat untuk pemersatu segenap bidan, jaga dan tingkatkan disiplin etos kerja kebersamaan dalam melaksanakan tugas lapangan, dan  Penurunan angka kematian ibu,” tambah Gusmal.

Sementara Ketua IBI Sumbar Hj. Hasnawati mengapresiasi Bupati Solok yang telah menyempatkan hadir dalam acara Muscab IBI IX di Kabuapten Solok.

“Terima kasih kepada Dinas kessehatan yang telah mendukung dan mendampingi kami dalam melaksanakan kegiatan Muscab IBI di Kab. Solok,” jelas Hj. Hasnawati.

BACA JUGA  Recovery Ekonomi dan Penanganan Covid Jadi Program 100 Hari Bupati Eka-Richi

Musawarah ini, jelas Hj. Hasnawati. Dimaksudkan untuk menjaga dan meningkatkan eksistensi melalui konsolidasi di organisasi IBI, menguatkan organisasi IBI dengan mengajak dan membimbing anggota mau dan peduli dengan organisasi.

“Musyawarah ini juga akan menjadi bidan yang handal, profesional dan berkualitas dengan terus meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan,” tambah Hj. Hasnawati.

Musawarah ini, jelas Hj. Hasnawati, merupakan forum tertinggi di tingkat Kab. Solok. Pengurus lama harus melaporkan program selama lima tahun yang telah berjalan. Pelaksanaan muscab ini mengacu pada aturan yang berlaku pada AD/ART dan juga buku pedoman organisasi yang senantisa di sempurnakan setiap lima tahun pada saat kongres IBI dan pada rapat kerja nasional.

Ketua IBI Kab. Solok mengatakan bahwa IBI adalah organisasi profesi dan oraganisasi sosial masayarakat. Berjalanya organisasi ini mengacu pada aturan yang berlaku sesuai dengan AD/ART.

“Sesuai dengan aturan organisas,i kegiatan Muscab bertujuan melaporkan program kerja sebagai pertanggunjawaban lima tahun yang telah berjalan,” jelas Darniyanti Elfita.
Dalam Muscab IBI ini, terpilih sebagai Ketua Deswarni Jamhur SKM. Ia didampingi pengurus inti lainnya yakni
Delfiza Nasputri, S.ST., Desty Sonisya, S.Tr.Keb., Aryeka Deswira, S.Tr.Keb., dan Heni Fitri Martin, A.Md.Keb (Wewe)
Baca juga:

Facebook Comments

loading...