BWSS Padang Tinjau Batang Lembang dan Sungai Lasi Untuk Normalisasi

BWSS Padang Tinjau Batang Lembang dan Sungai Lasi Untuk Normalisasi
Solok, SuhaNews. Tim dari Balai Wilayah Sungai Sumatera V (BWSS V) Padang dengan didampingi Kabid SDA Dinas PUPR Kab. Solok meninjau persiapan normalisasi Batang Lembang dan Sungai Lasi, Rabu (10/3)

Dalam kunjungan itu tim BWSS dari padang dihadiri oleh kepala Satker SNVT PJSA Yusma Elvita,ST.MS.c dan Eka Hendra Irawan, ST.MT sebagai PPK Sungai dan Pantai II serta beberapa staf teknis yang langsung di sambut oleh Kabid SDA Dinas PUPR Nopelius.ST.MT dan beberapa staf juga dari Dinas PUPR Kabupaten solok.

BACA JUGA  Masuk Perangkap BKSDA, 1 Lagi Harimau di Danau Kembar Ditangkap

Kepala Satker SNVT PJSA Yusma Elvita,ST.MS.c dalam kunjungannya mengatakan bahwa Pemerintah Kab.Solok melalui Dinas PUPR telah mengusulkan normalisasi aliran Batang Lasi dan Batang Sumani.

“Kami dari pihak Balai telah meneruskan usulan tersebut ke pusat dan Insnya ‘Allah pusat merespon kebutuhan masyarakat Kab.Solok dengan beberapa syarat teknis yang harus dilengkapi”,pungkasnya.

Yusma Elvita menjelaskan bahwa untuk lokasi lahan yang terdampak pada Batang Lembang ini pada tahun 2017 yang lalu sudah ada surat pembebasan lahan yang ditandatangani oleh 35 orang pemilik lahan, namun menurut tim yang telah dibentuk nagari ada sekitar 40 orang pemilik lahan.

“Sehingga surat pernyataan penyerahan lahan perlu diperbaharui lagi, sementara lahan yang dibutuhkan untuk normalisasi dibutuhkan sepanjang 20 meter dari as sungai karena nanti akan dibangunnya jalan inspeksi yang akan menjadikan lokasi ini selain sebagai pengedali banjir juga akan menjadi tempat wisata di kabupaten solok”,katanya.

BACA JUGA  Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Qurban Diperiksa

Kepala Dinas PUPR Kab.Solok.Syaiful,ST.MT melalui Kabid Sumber Daya Air Nopelius.ST.MT menyampaikan ucapan terima kasih atas respon dari BWSS V terhadap persetujuan 0roposal penanganan masalah banjir di daerah Sungai Jambur dan Batang Barus serta kehadiran tim dari BWSS V.

“Besar harapan kami mayarakat kabupaten solok kepada pihak balai untuk segera merelealisasikan program program penanganan sungai untuk antisipasi banjir yang selama ini selalu menghantui masyarakat disepanjang bantaran sungai Batang Lembang yaitu (Kinari, Muara Paneh, Koto Baru, Salayo ) dan juga nagari Sungai Jambur”, ulas Nopelius

Pemerintah Kabupaten Solok jelasnya, melalui Dinas PUPR berharap agar sungai Batang Lasi ini di keruk dan dinormalisasi/perkuatan tebing sehingga dampak banjir yang berulang ulang terjadi, bisa diminimalisir dan sawah serta perumahan masyarakat tentunya aman dari ancaman banjir.

Hadir dalam kesempatan itu walinagari sungai jambur Marlius dan beberapa tokoh masyarakat nagari sungai jambur.

BACA JUGA  Covid-19 Kabupaten Solok: 13 Terkonfirmasi, 17 Sembuh

Namun Sebelum melakukan peninjauan ke sungai jambur pada paginya tim dari BWSS V menghadiri sosialisasi dengan masyarakat nagari selayo tentang pembebasan lahan dibantaran sungai batang lembang yang selalu mendapat langganan banjir.

Masyarakat Nagari Salayo berharap kepada pihak pemerintah untuk segra melakukan normalisasi batang lembang yang selama ini menjadi ancaman banjir jika curah hujan sudah tinggi dan juga pada kesempatan ini didapatkan kesepakatan bahwa si pemilik tanah bersedia memberikan tanah tanpa adanya tuntutan ganti rugi tanah.

BWSS Padang Tinjau Batang Lembang dan Sungai Lasi Untuk Normalisasi

Acara sosialisasi itu dilaksanakan di mushalla Nurul Islam Selayo yang dihadiri oleh camat Kubung Ricki Carnova.S.STP.MM,Kasi OP dinas PUPR Amrizal.Amd Walinagari Salayo Ronal Reagen ,.ST Ketua KAN dan tokoh masyarakat nagari Selayo

reporter : Dedi editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...