Calon Jamaah Haji Agam Manfaatkan Program Eazy Passport dari Kantor Imigrasi

jam
Agam, SuhaNews – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam buka layanan percepatan pengurusan dokumen melalui program Eazy Passport bagi jamaah haji di Kantor Pelayanan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Senin (1/3).

“Eazy Passport merupakan sebuah program yang digagas oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, khusus permohonan paspor baru dan penggantian habis berlaku,” ujar Pengelola Data Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, Adrian.

Baca juga: Kemenag Bukittinggi Gelar Rakor Pelayanan Haji

Program ini bertujuan menghindari kerumunan yang terjadi di Kantor Imigrasi untuk mencegah penyebaran Covid-19, serta memudahkan masyarakat dalam pengurusan paspor. Sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan tidak perlu ke Kantor Imigrasi, cukup berada di lingkungan terdekatnya.

“Eazy Passport dilaksanakan berdasarkan permohonan dari sebuah komunitas, baik kantor pemerintahan atau swasta dan lembaga masyarakat,” ujarnya.

Pelaksanaan program Eazy Passport bagi Jamaah Haji Kabupaten Agam, jelasnya, merupakan atas permohonan yang disampaikan oleh Kantor Kementerian Agama kepada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Zulkarnain Batubara mengatakan bahwa jamaah haji mengikuti Eazy Passport sebanyak 27 orang, untuk perpanjang paspor atau penggantian habis berlaku paspor. Jamah haji tahun ini sebanyak 430 orang.

Kantor Kemenag, jelasnya, mengusulkan pelaksanaan Eazy Passport ini supaya jamaah haji tidak menumpuk di Kantor Imigrasi karena saat ini masih dalam masa pandemi dan harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (*/We)

Baca juga: Yayasan Haji Bagindo Dahlan Abdullah Pariaman Gelar Lomba Madrasah Qur’an

Facebook Comments

BACA JUGA  Bupati 50 Kota Tinjau Pembayaran BLT oleh PT.Pos Indonesia di Harau
loading...