Cegah Kebakaran, Lapas Kelas II Solok Gandeng Pemadam Kebakaran

Cegah Kebakaran, Lapas Kelas II Solok Gandeng Pemadam Kebakaran
Solok, SuhaNews. Belajar dari kejadi di Tangerang beberapa waktu yang lalu, Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas II Solok menggandeng Pemadam Kebakaran Kota Solok untuk pencegahan.

Pencegahan kebakaran yang dilakukan Lapas ini, dengan mengundang Pemadam Kebakaran (Daamkar) Kota Solok memberikan sosialisasi dan edukasi penanganan darurat serta tindakan pencegahan bahaya kebakaran tersebut.

Kabid Damkar Kota Solok, Agus Zaini yang diwakili Syukur Hermanto Kasi Sarana dan Marwanto Kasi Keselamatan dalam kesempatan ini memberikan pengarahan dan pengenalan pencegahan kebakaran kepada para petugas dan pegawai Lapas Kelas II Solok.

Syukur menjelaskan, kelalaian merupakan salah satu penyebab kebakaran. Untuk itu perlu ditingkatkan kewaspadaan. Selain disebakan oleh api secara langsung akibat pembakaran sampah atau dari kompor saat memasak. Kebakaran juga disebabkan oleh korsleting arus listrik.

“Untuk itu perlu dibiasakan untuk mengecek semua kontak dan colokan listrik sebelum meninggallkan rumah atau ruangan, serta peralatan lain yang berhubungan dengan api dan pastikan semua dalam keadaan mati saat ditinggalkan,” jelas Syukur.

Cegah Kebakaran, Lapas Kelas II Solok Gandeng Pemadam Kebakaran

Selain itu, untuk antisipasi dan pencegahan setiap gedung disarankan memiliki peralatan untuk pertolongan pertama seperti racun api, hydrant dan lainnya yang dapat dipergunakan saat terjadi kebakaran.

“Khusus untuk bangunan seperti Lapas, maka selain sesuai rekomendasi Damkar, peralatan yang digunakan juga sesuai SOP lembaga tersebut,” ulas Syukur.

Marwanto menambahkan, selain pengetahuan cara pencegahan dan penanganan darurat, perlu juga diperhatikan usia dan kondisi instalasi listrik yang ada pada gedung tersebut. “Sebagian besar kebakaran gedung dan bangunan disebabkan oleh listrik,”sebutnya.

Ditambahkan Marwanto, dalam membangunan atau merenovasi juga perlu dipertimbangkan akses bagi armada Damkar. Hal ini penting saat terjadi kebakaran, karena penanganan terlambat juga disebabkan armada yang terhalang menjangkau lokasi.

BACA JUGA  Wako dan Wawako Solok Tinjau Gebyar Vaksinasi di Klinik Tumbang

Kepala Lapas Kelas II Solok, Untung cahyo sidharto Amd.IP, SH yang diwakili oleh Irwan, Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Solok, mengucapkan terima kasih atas kerjasama dari Damkar Kota Solok yang telah berbagai ilmu dalam penangangan dan pencegahan di Lapas Kelas II Solok. Zal | Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaWako Genius Umar Serahkan Mesin Pencacah Makanan Ternak
Artikel berikutnyaTim Akreditasi Dari BAN-S/M Sumbar Kunjungi MIN Bukittinggi