Damkar Kabupaten Solok Padamkan Api di 6 Lokasi Sepanjang Rabu

Damkar Kabupaten Solok Padamkan Api di 6 Lokasi Sepanjang Rabu
Solok, SuhaNews – Tidak kenal lelah, kata ini patut disematkan bagi personil pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Solok yang memadamkan api pada enam lokasi berbeda sepanjang Rabu (30/3).

Laporan pertama yang diterima, kebakaran di jorong Mudik Aia nagari Panyakalan kecamatan. Kebakaran yang melanda rumah kosong ditinggal pemiliknya ini betrada dilokasi yang sulit di jangkau. Petugas mengalami kendala mengjangkau lokasi serta ketersediaan air disekitar lokasi.

Di Pos Alahan Panjang, petugas juga menerima laporan kebakaran lahan di nagari Batang Barus. Kebakaran di jorong Kayu Jao ini melanda hutan Pinus.

Selepas Zuhur, dua laporan masuk yang ditangai Damkar Kabupaten Solok, pertama dari nagari Dilam kecamatan Bukit Sundi masih kebakaran lahan dan yang kedua di nagari Guguak Sarai kecamatan IX Koto Sungai Lasi juga kebakaran lahan.

Selain armada dan personil pos Koto Baru, armada dan personil Pos Sumani turut serta memadamkan api pada lokasi ini. Karena yang di Guguak Sarai, lokasinya tak jauh dari sekolah dasar.

Belum tuntas peristiwa di lokasi ini, datang laporan adanya kebakaran lahan di jorong Balerong nagari Kacang Kecamatan X Koto Singkarak, dengan titik kenalnya Kantor Wali Nagari.

Hingga malam personil Damkar masih berjibaku memadamkan api, untuk mempercepat proses pemadaman dan mengisi air ke armada, personil minta bantuan BPBD untuk mengirimkan mesin suplay air portable. Hal yang sama juga dilakukan saat penangan kebakaran di Kayu Jao pada siangnya.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Solok melalui Kabid Damkar Marlaini.S.Pd.MM menyampaikan maaf atas kondisi ini. “Karena keterbatasan armada, penanganan sedikit terkendala, apalagi lokasi saling berjauhan untuk dijangkau oleh Pos Damkar,” ujarnya.

Kembali Marlai mengi,mbau, agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan karena cuaca panas masih berlangsung hingga saat ini. Kebakaran lahan disebabkan oleh kondisi tanaman yang kering dengan banyaknya daun mati sehingga mudah dimakan api, termasuk puntung rokok sekalipun.

BACA JUGA  Satu Lagi Warga Koto Baru, Kab Solok Terkonfirmasi Covid-19

Kepada para personil juga dipesankan untuk tetap hati-hati dan mengutamakan keselamatan. Baik saat melaju di jalan raya menuju maupun saat penanganan di lokasi.

Beberapa peristiwa kebakaran ini juga di upload oleh warganet ke media sosial, melihat sibuknya personil Damkar ini, juga menuai simpatik netizen. Tak sedikit netizen yang memberikan semangat dan mendoakan agar para personil diberi kesehatan dan kekuatan menangani peristiwa demi peristiwa. Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Solok Tutup Rangkaian HUT ke-109 dan Festival 5 Danau
Artikulli tjetërPospeda Sumbar 2022, Sementara 4 Emas Dikantongi Kontingen Lima Puluh Kota