Di fasilitasi Pemko, prodak UMKM Padang Panjang Bikin Kemasan dan Logo Gratis di Rumah Kemasan

SuhaNews–  Sebuah peluang bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Padang Panjang dalam mengembangkan usahanya telah difasilitasi Pemerintah Kota.
Mereka dapat membuat kemasan produk dan logo brand secara gratis di Rumah Kemasan. Tinggal mendatangi Aula Senja Kenangan, Kelurahan Bukit Surungan, Kecamatan Padang Panjang Barat untuk membuat kemasan dan logo tersebut.

Rumah Kemasan merupakan unit kerja di bawah Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperdakop UKM) Kota Padang Panjang yang siap melayani warga kota dalam pembuatan label kemasan, foto produk dan logo brand secara gratis.

Kasi Promosi Disperdakop UKM, Azani Mizwar, M.I.Kom saat ditemui Kominfo mengatakan, kehadiran Rumah Kemasan ini untuk membantu para pelaku UMKM yang ada di Padang Panjang. Terutama dalam pembuatan kemasan produk usaha dan juga membantu merancangkan disain atau logo brand serta foto produk.

“Dengan adanya Rumah Kemasan, bisa membantu serta melayani pelaku UMKM. Rumah Kemasan ini sudah ada sejak 2015 seiring dengan dibangunnya Pondok Disain dan Promosi oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Sumatera Barat,” jelas Azan.

Setelah selesai, lanjut Azan, gedung ini dihibahkan ke Pemko Padang Panjang. Pada 2015 itu juga pihaknya mendapatkan bantuan dari Kementerian Perindustrian berupa mesin cetak stiker. Dari tahun itulah berkembang sampai saat sekarang menjadi Rumah Kemasan.

“Di sini UMKM bisa berkonsultasi dan membuat kemasan logo sekaligus branding produk secara gratis tanpa biaya. Untuk cetak label stiker, juga bisa dilakukan di sini dengan harga lebih murah dari percetakan di luar. Satu meter Rp 40 ribu. Pelaku UMKM juga bisa melakukan foto produk secara gratis di sini selama jam operasional kerja Senin-Sabtu,” paparnya.

BACA JUGA  Universitas Pertamina Lahirkan Wirausaha Muda SMA

Tak hanya konsultasi mengenai kemasan dan logo saja, pihaknya juga memberikan bantuan untuk mengurus Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) hingga label halal.

“Untuk hal ini terbatas. Satu tahun itu maksimal 10 IKM yang baru. Kalau untuk perpanjangan, diurus masing-masing,” ucapnya.

Azan menjelaskan, jam kerja di Rumah Kemasan, Senin-Jumat jam 08.00-16.00 WIB. Sabtu hanya sampai jam 12.00 WIB. Pelaku UMKM bisa langsung datang ke Rumah Kemasan dan nanti dibantu dua operator Muhammad Arif dan Hafis dalam masalah branding produknya.

“Target, 120 UMKM akan dibranding pertahunnya. Kami juga memanfaatkan media sosial Instagram dan YouTube untuk promosi produk UMKM di galeriumkm.papa,” tambahnya.

Secara terpisah, pelaku UMKM, Yozi Zulfasari (28) saat dihubungi Kominfo via Whatsapp menyatakan, adanya Rumah Kemasan di Kota Padang Panjang ini sangat mempermudah pelaku usaha untuk membuat kemasan dan foto produk yang bagus, serta logo brand.

“Sehingga produk yang kita buat bisa menjadi lebih menarik saat dijual,” katanya.

Berlokasi di Silaing Atas, Kecamatan Padang Panjang Barat, persisnya di Simpang Padang, dekat Katupek Pitalah, Jamu Bundo Kanduang merupakan usaha keluarga yang dirintis Yosi bersama suaminya Boyke (32). Rumah Kemasan memberikan bantuan secara gratis kepada dirinya dalam hal branding dan foto produk.

“Di sini bisa langsung konsultasi untuk membuat kemasan dan logo brand yang baik. Disainnya juga dibuatkan di Rumah Kemasan ini. Hadirnya Rumah Kemasan ini sangat membantu kita untuk branding. Apalagi foto produk, fasilitas pun lengkap. Kita tinggal bawa produk saja. Yang lebih penting, di sini gratis dan tidak dipungut biaya,” pungkas Yozi.

Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si yang berkesempatan mengunjungi Rumah Kemasan tersebut didampingi Kadis Perdakop UKM, Javie Carter Eka Putra, M.T turut mengapresiasi Rumah Kemasan yang telah membantu UMKM di Kota Padang Panjang ini.

BACA JUGA  Pemko Padang Panjang Bentuk Satgas Kedatangan Santri Ponpes

“Semoga dengan adanya bantuan branding, serta pembuatan logo dan foto produk, dapat membantu UMKM. Sehingga produk yang dibuat bisa menjadi lebih menarik saat dijual,” ucap Sekdado Sonny saat mengunjungi Rumah Kemasan usai menghadiri pembukaan pelatihan kewirausahaan. Rel

Baca juga:

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakSatres Narkoba Polres Solok Tangkap Kurir Ganja di Salayo
Artikulli tjetërPolongan Anam Kembali Longsor, akses Simpang Empat – Talu Terputus