Dihadiri Bupati, Jorong Muaro dan Sabi Aie Gelar Alek Lindang

jorong
Batu Bajanjang, SuhaNews — Masyarakat Jorong Muaro dan Sabi’ Aia Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok mengggelar Alek Lindang (malapeh Kaul). 
Acara tersebut dilaksanakan di makam Nenek moyang yang pertama sekali mendiami wilayah kedua jorong tersebut dalam bentuk ziarah oleh pemuka adat, niniak mamak nan baranam, alim ulama, cadiak pandai, unsur pemerintah nagari serta masyarakat.

Dihadiri Bupati, Jorong Muaro dan Sabi Aie Gelar Alek Lindang 1

kedua jorong sama-sama pergi berziarah ke makam tertua tersebut dengan berpakaian Adat dan membawa nasi kuning dalam dulang yang diiringi dengan bunyi Talempong.

Setelah pulang berziarah para pemuka adat, niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, dan unsur pemerintah nagari dan masyarakat jorong Muaro dan Sabi’ Aie menyambut dengan gembira kedatangan Bupati Solok yang diwakili oleh Eva Nasri.

Pada kesempatan itu juga diiringi oleh rombongan Camat Tigo Lurah, Wali nagari dan BPN se-kecematan Tigo Lurah, MUI, kepala sekolah SMPN 1 Tigo Lurah kepala SD se-Nagari Batu bajanjang dan kepala jorong se nagari Batu Bajanjang.

Setelah disambut, para tamu yang hadir tersebut Langsung memasuki ruangan SDN 06 Muaro sebagai tempat dilaksanakan acara Malapeh Alek lindang (bakaul dan malapeh kaul).

jorong

Dalam kata sambutan yang diberikan oleh Bpk H,Eva Nasri SH,MH, sangat mengapresiasi acara Alek lindang tersebut, kata beliau acara ini perlu kita lestarikan sampai anak cucu kita dan menilai acara ini sesuai dengan pepatah adat yaitu ADAT BASANDI SARAK, SARAK BASANDI KITABBULAH.

Setelah kata sambutan Bupati Solok memberikan sesi tanya Jawab bersama Masyarakat yang hadir pada acara alek lindang tersebut Juga menyaksikan acara Batagak gala atau perpindahan gelar oleh salah seorang jinih suku dari suku Melayu yaitu gelar khatib yang di bawa oleh ERDISON gelar khatib yang beliau bawa di pindahkan ke kamanakan yang bernama STRIA YOKI sebagai yang bergelar khatib dari suku Melayu saat sekarang ini. (Darzen)

BACA JUGA  Residivis Pelaku Narkoba Ditangkap Polres Solok

Baca juga:

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakIndonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Iqbal Pemain Terbaik
Artikulli tjetërKakan Kemenag Jemput 37 Jamaah Haji Padang Panjang ke Bandara