Sawahlunto Menuju Kota Layak Anak Utama

layak
SuhaNews- Tim dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) RI yang melaksanakan verifikasi lapangan Penilaian Kota Layak Anak Nasional 2022 berkunjung ke Kota Sawahlunto pada Senin 27 Juni 2022. 

Sekretariat Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KPPPA RI Maydian Werdiastuti menyampaikan pihaknya ingin melihat, mendengar dan merasakan langsung program perlindungan anak yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Sawahlunto melalui peran aktif Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak.

Baca juga: Pemko Bukittinggi Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid Evaluasi Kota Layak Anak 2022

“Jadi Kota Sawahlunto pada 2021 kemaren itu telah mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Nindya. Kemudian pada hasil sementara verifikasi administrasi KLA Tahun 2022 ini meningkat masuk dalam kategori utama, ini yang sekarang kami cek langsung untuk verifikasi lapangan,” kata Maydian.

Disebutkan Maydian, Kabupaten/Kota Layak Anak merupakan program nasional perlindungan anak yang diatur dalam Undang-Undang.

Sementara Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang menyambut kedatangan tim verifikasi lapangan KPPPA RI itu menyampaikan Pemko telah melakukan berbagai komitmen dan program dalam rangka pemenuhan hak maupun perlindungan anak.

“Dalam memenuhi indikator kota layak anak, seperti di bidang pendidikan, kami telah memiliki program satuan pendidikan ramah anak bagi Sekolah Ramah Anak dan Madrasah Ramah Anak di Kota Sawahlunto,” kata Wawako Zohirin Sayuti.

Dilanjutkan Wawako, dalam bidang aksesibilitas kesehatan, pihaknya telah memiliki pelayanan Puskesmas ramah anak pada setiap Puskesmas bahkan pada tahun 2019 Puskesmas Talawi telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

“Dalam bidang pusat kreativitas anak, kami telah memiliki Ruang Bermain Ramah Anak yakni Taman Bermain Selat Karimata yang telah terakreditasi, kemudian juga terdapat taman bermain untuk anak berkebutuhan khusus,” kata Wawako.

BACA JUGA  Di Kota Solok, Seorang, ASN dan Pasangan Suami Istri Terkonfirmasi Positif Covid-19

Untuk program lainnya disampaikan Wawako Zohirin Sayuti yakni di bidang ketahanan keluarga, adalah Program SILO (Sekolah Istri Teladan Sawahlunto) dan Salon (Sarahserahan Calon Pengantin).

“Sawahlunto juga mempunyai Puspaga Kito (Pusat Pembelajaran Keluarga Kota Sawahlunto) kemudian Forum Anak yang selalu aktif menjadi pelopor dan pelapor perlindungan anak,” sebut Wawako.

Sementara, Manajer Program Yayasan Ruang Anak Dunia, Wanda Leksmana menyampaikan pihaknya telah menjalin sinergi yang baik selama ini dalam membantu Kota Sawahlunto menjamin hak-hak anak.

“Kota Sawahlunto adalah salah satu daerah yang menjadi mitra strategis dan kritis lembaga kami sejak 2013 sampai sekarang. Kami melihat Pemko dan masyarakat telah berperan aktif dalam mendukung program yang berpihak pada anak-anak,” kata Wanda.

Menurut Wanda, dari tahun ke tahun sensitivitas perlindungan anak di Sawahlunto semakin membaik dan memiliki kebijakan responsif hak anak dalam memenuhi 24 indikator Kota Layak Anak. Rel

Baca juga:

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakInternasionalisasi Bikin Lulusan Lebih Siap Berkompetisi
Artikulli tjetërFilm Pendek Karya Andri Guru MAN 1 Pasaman Juara Satu KPFI Sumbar