Gubernur Sumbar Buka Pancing Ikan Larangan di Objek Wisata Ngalau Agam Tabik

gubernur
Baso, SuhaNews – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah didampingi Bupati Agam, Dr Andri Warman membuka secara resmi acara mancing ikan larangan di Objek Wisata Ngalau Agam Tabik, Jorong Koto Tuo, Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sabtu (10/7).

“ikan larangan ini merupakan inisiasi dari seluruh unsur masyarakat Koto Tuo dalam menciptakan kemandirian di tengah masyarakat,” ujar Ketua Panitia Pancing Ikan Larangan, Iskandar.

Kegiatan ini, jelas Iskandar, mengangkat tema, pemanfaatan Agam Tabik sebagai cadangan dalam pembangunan melalui partisipasi masyarakat yang berkeadilan, partisipatif dan sesuai dengan kearifan lokal.

Baca juga: Pasca Musibah, Objek Wisata Dermaga Danau Tandikek Ditutup, Wako Sawahlunto Takziah

“Dulu di Agam Tabik terdapat sebuah goa yang menjadi tempat mata pencaharian masyarakat setempat dengan memanen sarang bulung walet, Namun sekarang sarang walet itu, sudah tidak ada lagi,” jelas Iskandar.

Melalui program ikan larangan, jelas Iskandar, semoga dapat membangkitkan potensi Agam Tabik dengan prospek yang baru, yaitu sebagai objek dan tujuan wisata,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi masyarakat Jorong Koto Tuo, khususnya generasi muda, karena telah memulai dan memanfaatkan potensi yang ada di Nagari.

“Potensi pariwisata nagari, terutama di Ngalau Agam Tabik sangat besar, karena memiliki sungai bawah tanah dan gua alami dengan stalaktit dan stalagmit yang memukau,” jelas Gubernur Mahyeldi.

Untuk mengembangkan potensi di nagari, tambah Gubernur, diperlukan peran generasi muda. Karena anak muda yang memiliki ide-ide kreatif dan inovatif, dapat mendukung perkembangan sektor pariwisata di nagari.

“Generasi muda tidak bisa dibiarkan sendiri, harus didukung penuh oleh semua pihak, mulai dari niniak mamak, bundo kanduang hingga perangkat nagari, agar hasilnya bisa maksimal dan tetap sesuai dengan kearifan lokal,” jelas Gubernur Mahyeldi.  (*/We)

BACA JUGA  Wisuda ke-55, UMMY Solok Menuju Perguruan Tinggi Negeri

Baca juga: Pengembangan Pariwisata di Nagari Butuh Kreatifitas Generasi Muda

 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDitangkap Karena Pencurian Sawit, Tersangka Juga Memiliki Ganja
Artikel berikutnyaPesisir Selatan Dorong Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pertanian