Gusman Piliang Matangkan RB dan ZI di Kemenag Kab.Pasaman

Gusman Piliang Matangkan RB dan ZI di Kemenag Kab.Pasaman
Pasaman, SuhaNews. Komitmen pimpinan dan jajaran menjadi poin penting dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas (RBZI) seperti disebutkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman Gusman Piliang Senin (16/8).

Dari laporan yang diterimanya, Gusman mengakui Tim RBZI yang telah dibentuk dikoordinir oleh Kepala Sub bagian Tata usaha Asrul memang belum mencapai hasil maksimal, namun bukan tidak mungkin reformasi birokrasi dan Kemenag yang berzona integritas dapat diwujudkan asalkan adanya komitmen bersama mulai dari pimpinan hingga JFU keseluruhan.

“Masih ada poin-poin penting sebagai syarat yang belum dipenuhi yang diinput sebagai eviden kedalam aplikasi RBZI”,tuangnya saat mensosialisasikan RBZI kepada ASN lingkupnya di aula kantor setempat.

Pejabat yang pernah memangku Kepala KUA Kecamatan Panti itu berbagi pengalaman dan informasi dalam merealisasikan RBZI di Kemenag Kota Padang Panjang yang sampai saat ini masih dalam kriteria menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Lebih lanjut Gusman Piliang menjelaskan reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukaan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional.

Lagi jelasnya, terdapat delapan area perubahan dalam reformasi birokrasi yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas, penguatan kelembagaan, penguatan peraturan perundangan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurutnya, enam area perubahan itulah yang hendak dicapai melalui pelaksananaan program-program kerja Kemenag. Dan ini bisa dilakukan secara tim serta komitmen yang kuat, bukan kemauan pimpinan namun kepentingan lembaga.

Sebagai leader Kankemenag ranah Pasaman, Gusman menggenjot semangat jajaran untuk berbuat yang terbaik terhadap lembaga dan dalam mewujudkan WBK dan WBBM, sebab akan memberi pengaruh positif terhadap kesejahteraan ASN sendiri.

BACA JUGA  Solok Mountain bike Comunity (SMC) Kota Solok Goes Sosial ke Malalo

Gusman mengajak agar seluruh ASN beritikad dan serius melakukan RBZI dan yang menjadi kekurangan selama ini diperbaiki secara bersama-sama pula.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Asrul menambahkan untuk menguatkan serta mempercepat pelaksanaan RBZI dilakukan evaluasi dan revisi penetapan tim juga melakukan langkah-langkah strategi. Yusuf|Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPendakian ke Gunung Merapi Ditutup Jelang 17 Agustus
Artikel berikutnyaPaskibra Solok Selatan Dikukuhkan Bupati : Jadilah Teladan Dalam Kehidupan