Hafal Alqur’an 8 juz, IAIN Batusangkar bebaskan Uang Kuliah dan SPP Bagi Calon Mahasiswa Baru

Suhanews – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar bakal membebaskan uang kuliah atau SPP bagi Calon Mahasiswa yang memiliki hafalan atau hafizh Al Qur’an 8 Juz. Mahasiswa tersebut dibebaskan biaya kuliah/beasiswa sampai lulus pendidikan Strata Satu (S1).

Hafal Alqur'an 8 juz, IAIN Batusangkar bebaskan Uang Kuliah dan SPP Bagi Calon Mahasiswa Baru 1

Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora melalui rilisnya yang diterima Minggu (27/3/2022) menyampaikan, beasiswa bagi Calon Mahasiswa yang hafal Al Qur’an memiliki kuota tak terbatas.

“Bagi yang hafal 8 Juz bakal memperoleh beasiswa sampai lulus S1 atau untuk 8 semester. Dan tidak ada batas kuotanya,” kata Marjoni.

Dikatakan dia, beasiswa hafizh merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada mahasiswa penghafal Al Qur’an.

“Penghafal Al-Quran 3 Juz sampai 8 juz dapat menentukan pilihannya ke IAIN Batusangkar dan dibebaskan biaya UKT/SPP, namun tentunya juga sesuai regulasi dan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Pemberian beasiswa ini, ungkap Marjoni, merupakan salah satu program unggulan IAIN Batusangkar guna menarik minat para calon mahasiswa hafizh/hafizah untuk melanjutkan pendidikan di IAIN Batusangkar.

“Program ini belum banyak dimiliki perguruan tinggi lainnya. Karena itu, mari manfaatkan peluang ini dengan melanjutkan pendidikan di IAIN Batusangkar,“ tukasnya.

Wakil Rektor III Sirajul Munir, menerangkan ada beberapa ketentuan bagi para penghafal Al Qur’an untuk melanjutkan pendidikan di IAIN Batusangkar agar bebas Uang Kuliah Tunggal (UKT).

“Calon mahasiswa hafal 3 Juz dibebaskan UKT selama 1 Semester, kemudian 4 – 5 Juz, dibebas 2 Semester, 6 Juz dibebaskan 4 Semester, 7 Juz dibebaskan 6 Semester dan hafal 8 Juz atau lebih dibebaskan UKT selama 8 Semester,” terangnya.

Dikatakan Munir, jika mahasiswa yang bersangkutan dapat menambah hafalannya sebanyak 1 Juz atau lebih, akan dibebaskan untuk pembayaran UKT pada semester berikutnya selama 1 Semester atau lebih.

“Keberadaan hafiz/Hafizah mendukung pilar utama IAIN Batusangkar dengan kedalaman spiritual, akhlaq, ilmu, dan profesionalitas di setiap diri mahasiswa. Selain itu, ini juga mendukung program pemerintah Tanah Tatar yang mencanangkan program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah,” pungkasnya.

BACA JUGA  New Normal KUA Lubuk Basung Batasi Keluarga Mempelai 10 Orang

Jadwal pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) dilaksanakan mulai 25 April sampai 5 Juni 2022. Pelaksanaan Ujian 14 sampai 17 Juni 2022 dan pengumuman lulus UM PTKIN 30 Juni 2022. (dajim)

Baca juga:

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakGagas Pengurangan Emisi Karbon di Giat Migas, 3 Mahasiswa Sabet Penghargaan
Artikulli tjetërPemko Pariaman Serahkan 200 Ekor Ayam Petelur Untuk Warga Kurang Mampu