Sosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru, Rektor IAIN Batusangkar Bertemu Kepala MA di Solok

Sosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru, Rektor IAIN Batusangkar Bertemu Kepala MA di Solok
Koto Baru, SuhaNews – Dalam rangka mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023, Rektor IAIN Batusangkar yang diwakili Wakil Rektor II Dr. H. Eficandra. S.Ag., M.Ag didampingi Ketua Jurusan Pasca Sarjana MPI  Dr. Hj. Demina, M.Pd, bertemu dengan kepala Madrasah Aliyah dannpimpinan Pondok Pesantren se kabupaten dan kota Solok serta Solok Selatan, Kamis (3/2) di aula Hubbul Wathan Kantor Kemenag Kabupaten Solok.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha H. Fuadi Nawawi mengawali sambutannya dengan ucapan selamat datang kepada tim dari IAIN Batusangkar.

“Terima kasih IAIN Batusangkar yang telah mempertemukan para Kepala Madrasah Aliyah, Pimpinan Pondok Pesantren dan Guru BK serta operator dalam satu forum ini. Sebuah kesempatan yang jarang terjadi,” sebut H. Fuadi.

H. Fuadi mengatakan, kegiatan yang digelar oleh IAIN Batusangkar hari ini adalah sebuah tindak lanjut dari cita-cita madrasah untuk mewujudkan generasi beriman, berilmu dan menguasai teknologi, dengan pendidikan berkesinambungan setelah dari Aliyah ke perguruan tinggi Islam.

Selain itu, kerjasama dalam pendidikan keagamaan berkesinambungan ini salah satu upaya mewujudkan 7 program prioritas Kementerian Agama.

Wakil Rektor IAIN BatuSangkar Dr. H. Eficandra. S.Ag., M.Ag mengawali paparannya dengan menyampaikan komitmen yang tertuang dalam MoU antara Perguruan Tinggi Islam di Sumatera Barat dengan Kementerian Agama untuk memajukan pendidikan agama Islam di Sumbar.

“Program IAIN Batusangkar adalah memberi penguatan dan memperdalam pemahaman dan pengetahuan siswa atas pelajaran yang telah dipelahjari di Aliyah dan pondok pesantren,” jelas Efi.

Disampaikannya, untuk IAIN terus berbenah meningkatkan kualitas, baik SDM pendidikan dan pengelola dan yang pasti adalah kualitas lulusan. Untuk mendukung hal tersebut juga disediakan beasiswa untuk dua jenjang pendidikan yakni strata satu strata dua.

BACA JUGA  Nofiyanti, PAIF Kemenag Bukittinggi Ikut Sumbang Medali untuk Sumbar pada MTQ Korpri

Efi juga menyampaikan bahwa saat ini IAIN Batusangkar tengah bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) dengan tagleine “Kampus Sains Islam, Refleksi Surau di Minangkabau”.

Efi menjabarkan tagline in i mengusung semangat dan cita-cita, bahwa perguruan tinggi Islam bernama UIN Mahmud Yunus ini mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama yang diodukung oleh SDM yang handal. Sedangkan Surau, kampus akan diberdayakan sebagaina fungsi surau di Minangkabau, tempat belajar dan mengkaji berbagai ilmu yang tidak hanya ilmu agama, tetapi ada pengetahuan, budaya, sosial dan lainnya.

Dalam kesempatan ini, selain menguraikan sejarah perjalanan IAIN Batusangkar dari awal berdiri juga disampaikan tentang fasilitas dan keunggulan program sutdi yang tersedia. Untuk tahun 2022 ini IAIN Batusangkar menerima mahasiswa baru untuk Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Sedangkan untuk Pasca Sarjana, tersedia jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam.

Informasi lengkap pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru IAIN Batusangkar juga dapat diakses di www.pmb.iainbatusangkar.ac.id

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, kepala Kantor Kemenag kota Solok, para kepala seksi dan penyelenggara dilingkup kantor Kemenag Kabupaten Solok. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKomunitas Kerancang Sagaduik, Agam Dikukuhkan
Artikulli tjetër8 Siswa SD Positif Covid-19, Hendri Septa Himbau Perketat Prokes