Hanya 23 MDA dan 5 TPQ Terdaftar di EMIS Kemenag Pasaman

Hanya 23 MDA dan 5 TPQ Terdaftar di EMIS Kemenag Pasaman
Pasaman, SuhaNews – Education Management Information System (EMIS) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman mencatat hanya 23 MDA dan 5 TPQ.

Data tersebut disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Seski Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Yulius Sabri dan JFU Muhammad Harun saat kegiatan rapat koordinasi data EMIS MDA/TPQ di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Selasa (16/11).

“Dari aplikasi data online EMIS, Pasaman hanya memiliki 23 MDA dan 5 TPQ”,terang Harun.

Sementara, Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha Asrul saat membuka rapat menekankan pentingnya sebuah data sebagai acuan perencanaan dan kebijakan pemerintah. Dan EMIS merupakan sistim informasi data khususnya pendidikan diniyah atau MDA sangat diperlukan.
Sambungnya, Pemerintah dan Kemenag akan mengetahui keberadaan, kondisi dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh sebuah lembaga pendidikan agama MDA dan TPQ itu dari data digital EMIS tersebut.

Kalau tahun-tahun sebelumnya, Asrul mengatakan terdata ribuan jumlahnya TPQ dan MDA di ranah Pasaman ini. Namun pada tahun ini dari data dalam EMIS hanya 23 MDA dan 5 TPQ.

Dikatakannya, ini membuktikan masih belum difahami dan disadari arti penting dari pendataan dalam EMIS ini.
Lanjut pejabat yang pernah menakhodai Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lubuk Sikaping itu, banyak manfaat yang diperoleh dari pendataan EMIS ini, diantaranya bantuan-bantuan pemerintah akan merujuk dari data EMIS.

Asrul meminta dari rapat ini, seluruh pimpinan MDA dan TPQ di Pasaman ini dapat menyatukan visi akan kepentingan data EMIS guna menunjang kemajuan lembaga dan mutu pendidikan di MDA dan TPQ.

Sebab hematnya, generasi berakhlak, bermutu dan beragama itu lahirnya dari sebuah pendidikan agama semacam MDA dan TPQ. Anak-anak pintar membaca al quran dan tahu tata cara sholat berkat keberhasilan pendidikan yang diberikan para guru atau ustdz dan ustdzah di MDA dan TPQ.

BACA JUGA  Pemko Sawahlunto Terima Hibah Tanah dari Kejaksaan Negeri

Ia berharap kedepannya jumlah 23 ini bertambah, karena masih banyak MDA dan TPQ di Kabupaten Pasaman

Berikut MDA yang terdata pada EMIS, Al Muhajirin Pasar Dalik, Masjid Raya Muara Manggung, Darul Quran, Nurul Quran Abah Durian Parau, Nurul Iman, Al Azhar, Al Ihsan Dalik, Nurul Yakin, Uhibbul Quran, Rayhanul Jannah, Al HIdayah, Nurul Ilmi, Nurul Jihad, Nurul Huda, Istiqamah, Tanbano, At Taqwa, Nurul Jihad, Nurul Huda, Al Bina, Al Balad dan Nurul Falah.

Sedangkan TPQ, Suaru Nurul Iman, Baitul Quran Panti, Nurul Ilmi, Majlis Taklim Al Ikhlash dan RTQ Pondok Tahfidz Darul Quran Islamic Center Rao. Yusuf | Moentjak

Berita Terkait

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKhairil Dilantik jadi Ketua OSIS SMPN 1 Lembang Jaya
Artikel berikutnyaPemotor Tewas Usai Tabrakan dengan Truk di Koto Baru Solok