Hari Kanker Sedunia Diperingati, MAS PSA Dipercaya sebagai Pelaksana Upacara

Hari Kanker Sedunia Diperingati, MAS PSA Dipercaya sebagai Pelaksana Upacara
Sulit Air, SuhaNews – Kabupaten Solok peringati Hari Kanker Sedunia melalui upacara bendera Senin (3/2). Upacara dilaksanakan serentak di setiap kecamatan dan dilanjutkan dengan pelayanan kesehatan oleh Puskesmas setempat.

“Kita menggelar upacara serentak di setiap kecamatan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, dr. Maryeti Marwazi, MARS

Usai upacara, digelar diskusi tentang kesehatan dengan guru dan para siswa di lokasi upacara. Sementara di puskesmas dilakukan layanan  kesehatan kepada masyarakat. Ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia pada 2020 ini.

Hari kanker Sedunia, jelas Maryeti, diperingai setiap 4 Februari. Dalam pelaksanaan upacara ini, Dinas Kesehatan (Puskesmas) bekerja sama dengan SMA/SMK/MA yang ada di wilayah kerja masing-masing.

“Kanker termasuk penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan,” ujar drg. Ameliza Gustiana, dalam amanatnya di PSA Sulit Air.

Dijelaskan, 1 dari 6 orang wanita mengalami kanker, seperti kanker payudara dan kanker rahim. Sementara 1 dari 7 orang laki-laki juga mengalami kanker, seperti kanker prostat. Laki-laki maupun perempuam berpotensi kena kanker.

“Masyarakat seringkali  tidak mengetahui gejala kanker karena jarang memeriksakan diri ke puskesas atau tenaga kesehatan lainnya,” jelas Ameliza.

Dengan memeriksakan diri ke tenaga kesehatan, masyarakat akan mengetahui gejalanya, sehingga bisa dicegah. Kebanyakan penderita kanker saat berobat sudah menunjukkan stadium lanjut, sehingga seringkali berakibat kematian pada korban.

“Mari kita cegah kanker secara bersama, dengan meningkatkan kepedulian pada kesehatan diri,” tambah drg. Ameliza Gustiana.

Upacara Hari Kanker di PSA Sulit Air ini dihadiri oleh majelis guru PSA, siswa serta karyawan Puskesmas Sulit Air. Bertindak sebagai Penggerek bendera Muhammad Rizki, M. Ikwal dan Khairul Ikhsan, komandan upacara dipercayakan kepada Riki Hamdani.

“Pelaksana upacara ini merupakan anggota Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) Sulit Air,”ujar Kepala MAS  PSA Sulit Air, Drs. H. Irdizon.

BACA JUGA  SUBP SD Kecamatan Kubung Adakan Worshop Pembuatan Bahan Ajar system pembelajaran Luring

Irdizon juga menyampaikan terima kasih kepada pihak puskesmas yang sudah memberikan kepercayaan kepada MAS PSA Sulit Air dalam melaksanakan upacara hari kanker sedunia ini.

Reporter: Hendrik Editor: Wewe

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...