Kabupaten Solok Peringati Hari Kanker Sedunia

hari
Singkarak, SuhaNews – Peringatan Hari Kanker Sedunia di Kabupaten Solok, Jumat (4/2) di Puskesmas Singkarak, diisi dengan pelaksaan tes IVA.

Kegiatan yang dibuka secra resmi oleh Ketua TP PKK Kab Solok Ny. Hj Emiko Epyardi Asda, dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Zulhendri, SKM, M. Kes., Kepala SKPD.

Baca juga: Pemko Sawahlunto Serahkan Bansos Kepada Warga Penderita Kanker Payudara

Direktur RSUD Arosuka dr. Yones Indra., Camat Singkarak Chrismon Darma, Forkopimcam, Camat se-Kab Solok, Kepala Puskesmas Singkarak Yuli Hardi, Kepala Puskesmas se-Kab Solok, Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua TP PKK Nagari, dan undangan Lainnya.

Kadis Kesehatan Zulhendri melaporkan bahwa penderita kanker payudara di Kabupaten Solok berjumlah 187 orang pada tahun 2019, pada tahun 2020 turun menjadi 25 dan di akhir tahun 2021 naik lagi menjadi 71.

“Dalam rangka peringatan hari kanker sedunia, kita melaksanakan beberapa kegiatan seperti kegitan GERTAK PTN (Gerakan Serentak Penanganan Penyakit Tidak Menular),  peemasangan spanduk dan umbul tentang peringatan hari kanker sedunia, menyebarkan alat peraga ke seluruh puskesmas.

Ketua TP PKK Kab Solok Ny. Hj Emiko Epyardi Asda mengatakan bahwa kanker merupakan masalah keseharian.

“Di Indonesia berdasarkan data Globocan tahun 2020, kasus baru kanker sebanyak 396, 914 dengan kematian sebanyak 234, 511 org,” jelas Ny. Hj Emiko Epyardi Asda.

Peringatan hari kanker sedunia tahun 2022 dengan tema “Close The Care Gap“, jelas Ny. Emiko,  yang berarti menutup kesenjangan dalam penanggulangan kanker.

“Pada peringatan ini kita diharapkan dapat meningkatkan, mendorong dan mengajak semua pihak terkait untuk bekerjasama dalam penanggulangan kanker secara adil dan merata,” tambah Emiko.

Semoga pada peringatan hari kanker sedunia tahun 2022 ini, jelasnya, Kabupten Solok dapat berkontribusi maksimal dalam melawan kanker. (Wewe)

BACA JUGA  Gubernur Buka Jambore PKK, Kabupaten Solok Juara II Lomba UP2K

Baca juga: Kanker Mata: Sempat Dirawat di Rumah Sakit, Muhammad Farhan Meninggal Dunia

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakCerdas Qur’an Padang TV, SDIT Al Madaniy Juara I
Artikulli tjetërDeri Asta Buka Secara Resmi Operasi Pasar Minyak Goreng