Kasus HIV/AIDS Meningkat, Puskesmas Manggopoh Gelar Sosialisasi

puskesmas
Manggopoh, SuhaNews – Puskesmas Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam menggelar Sosialisasi HIV dengan leading sektor terkait, Senin (8/11) di aula puskesmas setempat.

Kepala Puskesmas Manggopoh Ns. Lidia Ira Wati mengajak seluruh leading sektor untuk memerangi penyebaran penyakit menular HIV.

Baca juga: Padang Pariaman Gelar Acara Advokasi Puskesmas Ramah Perempuan dan Anak

Sosisliasi ini diikuti ooleh unsur pemerintah kecamatan, wali nagari, wali jorong, perwakilan Danramil, Polsek, guru dan tenaga kesehatan.

“Mari kita dorong masyarakat untuk berani melakukan tes HIV. Jika positif maka lanjutkan dengan pengobatan ARV sedini mungkin, untuk tetap hidup sehat dan produktif,” ujar Ns. Lidia Ira Wati

Penderita HIV/AIDS, jelasnya, tidak bisa terdeteksi seluruhnya, ini menjadi permasalahan karena kasus tersebut masih mungkin muncul.

“Setiap calon pengantin ketika skrening membawa pasangannya untuk pemeriksaan lengkap dan pemberian skrening kesehatan sebelum menikah,” harap Ns. Lidia Ira Wati.

Sejak Januari sampai awal November 2021 ini, jelasnya, kasus HIV sebanyak 8 kasus, naik dari tahun 2020 hanya 6 kasus. Kita tidak ingin kasus ini terus naik. (*)

Baca juga: Bupati Rusma Yul Anwar: Selain Covid-19, Waspadai Ancaman Penyakit Menular Lainnya

Facebook Comments

BACA JUGA  Pendidikan Karakter Dapat cegah HIV/AIDS
loading...
Artikel sebelumyaDerita Penyakit Amblyopia, Vyolet Terima Bansos dari Walikota Sawahlunto
Artikel berikutnyaBupati Agam Buka FPKD Program Sekolah Penggerak Angkatan I