Lembaga Adat Benteng Nilai Budaya dari Ancaman Globalisasi

Lembaga Adat Benteng Nilai Budaya dari Ancaman Globalisasi
Padang, SuhaNews. Peran lembaga adat serta pemangku adat itu sendiri nagari adalah benteng untuk melindungi nilai-nilai budaya serta generasi muda dari ancaman arus globalisasi.

Guna mencapai itu, Maka kapasitas lembaga adat itu sendiri perlu untuk di tingkatkan, salah satu nya melalui pelatihan.

Hal ini lah yang kami lakukan setiap tahun melalui pokok pokok pikiran selaku anggota DPRD Propinsi Sumatra Barat ujar Irzal Ilyas Dt Lawik Basa MM dihadapan peserta work shop orientasi peningkatan kapasitas lembaga adat angkatan ke VIII di Hotel Imelda Padang. Dari tanggal 5 hingga 7 Oktober 2021.

Kegiatan yang mengambil tema melalui orientasi peningkatan kapasitas lembaga adat kita perkuat lembaga adat dan masyarakat hukum adat, diharapkan lembaga adat bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan pemerintahan daerah di nagari sesuai dengan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Kader demokrat tersebut yang saat ini di membidangi infrasturktur dan pembangunan tersebut dihadapan perserta work shop yang terdiri dari ninik mamak, Bundo kanduang dan parik paga. juga berharap lembaga adat bisa berperan aktif membantu pemerintah dalam hal pembangunan.

Dalam sesi dialog mantan Wali Kota Solok tersebut juga menampung berbagai usulan dan keluhan masyarakat.

Ada beberapa persoalan yang disampaikan peserta dan cukup menjadi perhatian. diantaranya akses jalan menuju Nagari Tigo Lurah, yang hingga saat ini masih menjadikan Nagari tersebut masuk nagari tertinggal, juga masalah irigasi di Nagari Panyakalan karena belum tersedianya sarana irigasi yang memadai menjadikan sebagian sawah masyarakat tidak terkelola dengan baik, dan hal ini sangat berpegaruh kepada hasil produksi petani di Nagari tersebut. Oca | Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Program Rumah Tahfidz Pemko Sawahlunto Dilirik Kabupaten 50 Kota
loading...
Artikel sebelumyaKafilah Lubuk Sikaping, Terbaik Administrasi pada MTQN 49 Kab.Pasaman
Artikel berikutnyaKadiskominfo Sumbar: Animo Masyarakat Agam untuk Vaksinasi Tinggi