Lepas 75 Siswa, MTsM Sumani gelar Wisuda Tahfizh

Solok, SuhaNews – Melepas 75 siswa kelas IX tahun ajaran 2022/2023, MTsM Sumani menggelar wisuda tahfizh, Kamis (26/5) di madrasah tersebut.

Wisuda Tahfizh ini dihadiri oleh kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli bersama PLT Kasi Pendidikan Madrasah Lizi Virma Surianti, Camat X Koto singkarak bersama Forkopimcam, Wali Nagari Sumani dan Komite Madrasah.

Kepala MTsM Sumani Hj. Susi Elfina, S,Ag dalam laporannya menyampaikan bahwa wisuda tahfizh yang dilaksanakan merupakan salah satu kegiatan menyukseskan program Kakan Kemenag yang mengajak lulusan madrasah jadi penghafal Al Aur’an.

“Untuk wisuda tahfizh tahun ini diikuti oleh 38 Hafizh/Hafizhah dengan hafalan terbanyak dimiliki oleh Raka Dwisheva Ramadhan sebanyak 5 juz dan Siti Qumairoh sebanyak 5,5 juz,” ujar Hj. Susi.

Disampaikan juga, selain Tahfizh program unggulan di MTsM Sumani adalah robotik. Untuk tahfizh madrasah juga menggelar camp tahfizh sebagai upaya memacu dan meningkatkan motiuvasi siswa menjadi penghafl Al Qur’an.

Sedangkan robtoik selain mengadakan latihan dan pembinaan secara periodik, siswa juga diikutkan kompetisi mulai tingkat Sumbar hingga nasional.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli dalam sambutan mengpareasi kegiatan dan kemampuan siswa MTsM Sumnaiu serta penghormatan pada tenaga pendidik dan kependidikan yang membina, mendidik dan mengajar para siswa hingga berprestasi.

Kepada wisudawan Kakan Kemenag berpesan untuk terus meningkatkan hafalan disertai meningkatkan kemampuan membaca yang disertai tajwid untuk kemudian diamalkan dan dikembangkan ditengah masyarakat.

Pesan kepada para siswa, Kakan Kemenag mengajak untuk terus memperdalam ilmu Al Qur’an, mulai dari tajwid, hafalan dan pemahaman isinya yang nantinya akan menjadi pegangan hidup.

Apresiasi khusus disampikan Kakan Kemenag kepada Tim Robotik MTsM Sumani yang baru saja tampil di ajang Kossmi 2023 di Jakarta. Sebuah pencapaian yang mengharumkan nama Kabupaten Solok di tingkat nasional.

BACA JUGA  Gelaran ke XIV TRSC MAN 1 Solok PK Berlangsung Sukses

“Semoga akan diikuti oleh prestasi lain dalam berbagai ajang di pentas nasional, sehingga MTsM Sumani tidak hanya kebanggaan X Koto Singkarak saja, tetapi juga Kabupaten Solok,” pungkas Kakan kemenag.

Turut memberikan sambutan dalam kesempatan ini Camat X Koto Singkarak, Wali Nagari Sumani dan Komite Madrasah.

Wisuda tahfizh ini dimulai dengan pawai yang dipimpin langsung oleh Drumband MTsM Sumani. Sedangkan puncak acara wisuda adalah pengalungan medali oleh Kakan Kemenag serta pemasangan mahkota oleh wisudawan/wati kepada orang tua. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -