Lepas Kelas IX, 30 Siswa MTsM Sumani Ikuti Wisuda Tahfiz

Lepas Siswa Kelas IX, 30 Siswa MTsM Sumani Ikuti Wisuda Tahfiz
Sumani, SuhaNews. MTsM Sumani menggelar Haflatul Wada’ (melepas) siswa kelas IX dan Wisuda Tahfizh bagi 30 siswanya, Sabtu (30/5) di kampus madrasah setempat.

Acara wisuda tahfiz dan pelepasan siswa kelas IX ini dihadiri oleh anggita DPRD Kab. Solok, Dian Anggaraini, Camat X Koto Singkarak, Ketua Bundo Kanduang Kab. Nelly Warni, Wali Nagari Sumani H. Masri Bakar bersama ketua TP PKK nagari Sumani, Pengurus Komite Madrasah serta wali murid kelas IX dan peserta wisudah tahfiz.

BACA JUGA  Gubernur Sumbar : Perketat Pengawasan Wilayah Perbatasan

Kepala MTsM Sumani Hj. Susi Elfina dalm laporannya menyampaikan, bahwa untuk tahun ajaran 2020/2021 siswa kelas IX yang menamatkan pendidikannya di MTsM Sumani sebanyak 71 orang. Sedangkan peserta wisuda tahfizh tahun ini sebanyak 30 orang.

Disampaikannya, untuk siswa kelas IX yang menamatkan pendidikan tahun ini sedikit berbeda dari angakatan sebelumnya, hal ini karen proses belajar mengajar serta ujian sistim daring dan luring karena pandemi.

“Namun demikian para pendidik dan tenaga kependidikan MTsM Sumani tetap berupaya maksimal agar siswa tetap dapat menyerap pelajaran secara optimal,” jelas Susi.

Ditambahkannya, untuk peserta wisuda tahfiz, telah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini semenjak kelas VII atau semenjak masuk ke MTsM Sumani. Untuk meningkatkan semangat dan kemampuan siswa, madrasah menggelar camp tahfiz yang bertujuan siswa lebih termotivasi sekaligus memperbaiki bacaan dan hafalan siswa.

BACA JUGA  Kerugian Lebih Seratus Juta, 2 Motor Ikut Ludes Terbakar

Susi menyebut, para peserta wisuda tahfizh ini ada yang memulai hafalan setelah menjadi siswa MTsM Sumani, dan ada juga yang sudah memiliki hafalan semenjak SD.

“Semuanya tetap dilatih dan diberi semangat untuk terus meningkatkn hafalan dan memperbaiki bacaan dan tajwidnya. Keberhasilan ini tak terlepas dari dukungan orangtua di rumah dalam memotivasi siswa,” jelas Susi.

BACA JUGA  Tangkap 5 Pelaku, Polda Sumbar Ungkap Jaringan Sabu Internasional

Menutup laporannya, Susi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program dan kegiatan MTsM Sumani dalam mewujudkan generasi beriman dan berilmu pengetahuan seebagai implementasi madrasah hebat bermartabat di nagari khususnya kecamatan X Koto Singkarak umumnya.

Dalam wisuda tahfiz ini, madrasah juga memberikan oenghargaan khusus pada 2 orang terbanyak hafalannya yakni, Fielda Zaskia Rahman dengan hafalan 11 juz dan Reihani Kaltsum Dzaakirah yang hafalannya 8 juz. 

Para tokoh yang hadir mengapresiasi kegiatan MTsM Sumani dalam rangka mewujudkan madrasah hebat bermartabat sekaligus melahirkan generasi beriman dan berilmu pengetahuan. Moentjak

Berita Terkait : 

Facebook Comments

loading...